oleh

Melalui Program Samisade Pemkab Bogor, Pemdes Bojong Nangka Bangun Jalan Penghubung Wilayah

INILAHONLINE.COM, BOGOR – Melalui program Satu Milyar Satu Desa (Samisade) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Pemerintah Desa (Pemdes)) Bojong Nangka Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor merealisasikan program pembangunan infrastruktur jalan desa dengan rabat beton.

“Kegiatan pembangunan betonisasi jalan desa ini, sumber dananya dengan menggunakan bantuan dana infrastruktur Samisade tahap I yang bersumber dari APBD Kabupaten Bogor,” ungkap Kepala Desa Bojong Nangka, Amir Arsyad, kepada media, Jumat (06/08/2021)

Menurutnya, dengan melalui program Samisade Tahap I sebesar 40 persen ini, pihaknya merealisasikan keinginan warga untuk betonasi jalan desa yang berada di dua  itik berada di Dusun 05 dan 06 Kampung Cikuda dengan anggaran Rp. 400 juta

“Alhamdulillah, hari ini mulai realisasi jalan desa yang rencananya dibangun di 2 dusun. Untuk volume jalan desa Panjang 1.550 Meter x Lebar 4 Meter x Tinggi 15 Centi Meter, berada di Dusun 05 dan 06,” jelasnya. 

Selain itu Amir mengatakan, pihaknya menggunakan swakelola dengan mengutamakan padat karya warga setempat. Selain itu, untuk menghindari terjadinya gangguan aktivitas warga, pihaknya mengatur strategi pembangunan dengan dibagi tempat secara bergilir.

“Jadi realisasi tahap 1 ini dibangun di Dusun 06, setelah selesai dilanjut di Dusun 05 dan tahap 2 selanjutnya pada pembangunan jalan penghubung 2 wilayah desa. Adanya pembanguan jalan desa  ini, ditujukan untuk meningkatkan roda perekonomian masyarakat dan sebagai prioritas warga sebagai penghubung dua wilayah desa,” jelasnya.

Lebih lanjut, Amir menjelaskan, untuk tahapan selanjutnya pada 60 persen ketika kembali turun anggaran. Pihaknya sudah mewacanakan pembangunan pada sambungan jalan desa untuk betonisasi jalan penghubung Dua desa, yakni Desa Bojong Nangka dan Desa Karanggan yang menjadi perbatasan.

“Harapan saya sangat besar dengan adanya pembangunan ini, warga saya bisa mendongkrak kesejahteraan masyarakat terutama di bidang perekonomian. Sehingga dapat menunjang kesehatan dan pendidikan di wilayah sekitar, terutama masyarakat Desa Bojong Nangka,” imbuhnya.

Salah satu warga Bojong Nagka, Mita (40) mengaku. Merasa bersyukur dan sangat mendukung langkah pemerintah dalam mensejahterakan warganya terutama dibidang infrastruktur. “Ini sangat membantu kami, dengan akses jalan yang bagus tentunya tidak menghambat aktivitas warga,” ujarnya.

Hal senada juga dikatakan warga setempat, Budi (47), dirinya  mengucapkan terimakasih kepada Bupati Bogor dan khususnya kepada Kepala Desa Bojong Nangka atas upaya dan terlaksananya pembangunan jalan di wilayah desanya.

“Alhamdulillah saya merasa bangga, karena jalan ini sekarang akhirnya dapat dibangun. Sudah lama  warga menginginkan jalan ini diperbaiki. Semoga ini bisa bermanfaat untuk semua,” imbuh Budi. (CJ/Asep Syaefudin)

Komentar