oleh

Memecah Kemacetan Arus Balik, Tol Fungsional Grising-Brebes Dibuka

InilahOnline.com (Semarang-Jateng) – Pembukaan kembali jalan tol fungsional dari Grising-Brebes Jawa Tengah menuju arah barat oleh aparat terkait, digunakan untuk memecah arus balik supaya tidak terjadi kemacetan di jalur pantura. Sebelumnya arus balik tersebut sempat terjadi kemacetan di jalan Soekarno Hatta Kendal yang sempat terjadi artian panjang sampai3 km. kemacaten itu terjadi akibat pertigaan jalan di pasar tumpah di daerah Weleri menuju Grinsing Batang.

Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Djarot Padakova mengatakan, jalan tol fungsional atau darurat tersebut dibuka pada pukul 09.00 WIB yang digunakan khusus satu arah menuju ke barat.”Jadi jalan fungsional ini digunakan untuk menuju ka barat, sama seperti pada saat arus mudik lebaran,”paparnya.

Dijelaskan, pintu tol darurat Grinsing yang sebelumnya menjadi pintu keluar saat atus mudik lebaran, kali ini menjadi jalan masuk pada saat arus balik menuju ke arah barat. ”Dengan dibukanya kembali jalan darurat dijarapkan bisa mengurai arus balik menuju ke Jakarta,”ujarnya.

Menurut dia,jumlah arus balik yang diperkirakan jatuh pada hari Jumat dan Sabtu petugas terus melakukan pemantauan dan rekayasa lalu lintas, supaya tidak sampai terjadi kemacetan di jalan.
”Dari arus balik yang menggunakan kendaraan tercatat 1000 mobil per jam melintas di jalan tol darurat ini dalam sehari,”katanya.

Namun demikian tol darurat usai digunakan arus balik ini, akan ditutup kembali untuk perbaikan selanjutnya diantaranya adalah cor beton dan pengaspalan darurat.(Suparman)

Komentar