oleh

Menaker : Perusahaan Wajib Sediakan Masker dan Hand Sanitizer Antisipasi Penyebaran COVID-19

INILAHONLINE.COM, JAKARTA

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah kembali mengingatkan perusahaan atau industri untuk menerapkan prinsip keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di lingkungan kerjanya untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19.

Menaker meminta perusahaan maupun industri agar menyediakan masker dan hand sanitizer di lingkungan kerja agar bisa digunakan oleh pekerja dalam mencegah terpapar virus corona ini.

“Kita terus mengimbau perusahaan untuk tetap waspada dan meningkatkan upaya perlindungan pekerja, pengusaha itu sendiri, maupun masyarakat sekitar terkait virus corona,” kata Ida dalam keterangannya, Rabu (11/3/2020).

Adapun langkah-langkah tersebut di antaranya melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap peraturan perundangan di bidang keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dalam upaya pencegahan virus corona.

“Jadi perusahaan harus memiliki dan mengimplementasikan Sistem Manajemen K3, khususnya terkait antisipasi virus corona terutama di lingkungan kerja” ujarnya.

 

Selain itu, Menaker juga mewajibkan pimpinan perusahaan di seluruh Indonesia untuk menyediakan fasilitas jaminan pelindungan bagi tenaga kerja dari pandemi corona.

Jaminan perlindungan yang dimaksud yaitu tersedianya sejumlah fasilitas perlindungan dan antisipasi penyebaran virus, berupa masker hingga sarana cuci tangan di setiap perkantoran, pabrik dan tempat kerja di seluruh Indonesia.

“Hal ini dimaksudkan untuk menjaga ketenangan dan kenyamanan para pekerja dalam menjalankan tugasnya,” jelasnya.

Kemenaker juga telah menerbitkan edaran kepada para pengusaha agar meningkatkan kewaspadaan dan jaminan perlindungan terhadap tenaga kerjanya masing-masing.

“Kita sudah menyampaikan surat edaran kepada seluruh perusahaan dan industri agar mengantisipasi maraknya COVID-19 ini agar teman-teman peusahaan menerapkan prinsip K3. Kalau itu dijalankan dengan baik Insya Allah kita bisa terhindar dari corona,” tandas Ida

(dtk/Rio Sandiputra)

Komentar