oleh

Mendiang Ani Yudhoyono Dapat Anugerah Biodiversity Award

INILAHONLINE.COM, BOGOR

Wali Kota Bogor Bima Arya menghadiri penganugerahan Biodiversity Award 2019 di momen Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) di Kebun Raya Bogor, Selasa (5/11/2019). Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk mendiang sang istri, Ani Yudhoyono.

Biodiversity Award merupakan penghargaan kepada tokoh yang berkontribusi dalam pelestarian keanekaragaman hayati di Indonesia yang diberikan oleh Konsorsium Biologi Indonesia (KOBI).

Menurut Bima Arya, Almarhumah Ani Yudhoyono sangat layak dianugerahkan penghargaan tersebut lantaran kontribusinya terhadap lingkungan, baik sebelum, saat dan setelah menjadi Ibu Negara.

“Kecintaan Almarhumah Bu Ani terhadap tanaman dan lingkungan sangat luar biasa. Bisa dilihat kontribusinya semasa hidup beliau. Jadi, penghargaan Biodiversity Award ini sangat layak,” ungkap Bima.

Ketua KOBI, Prof Dr Budi Setiadi Daryono mengatakan, Biodiversity Award 2019 pertama ini dianugerahkan kepada (almarhumah) Ani Yudhoyono atas dedikasi beliau mendokumentasikan keanekaragaman hayati di Indonesia dalam bentuk buku berjudul “3.500 Plant Species of The Botanic Gardens of Indonesia” dan “Koleksi Tanaman Herbalia Istana Cipanas”.

“Ilmuan di KOBI aja belum mampu untuk menyusun 3.500 spesies tanaman yang ada di Indonesia. Karya almarhumah akan menjadi rujukan pustaka bagi para peneliti yang ada di KOBI, akademisi dan para mahasiswa sehingga kesadaran akan pentingnya lingkungan hidup untuk dilanjutkan, khususnya di Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional yang bertepatan pada 5 November ini,” ujar Budi Setiadi.

SBY yang menerima penghargaan tersebut sangat mengapresiasi atas ketulusan KOBI memberikan Biodiversity Award kepada mendiang istrinya.

“Saya kira hari ini almarhumah tersenyum damai bahagia dan juga mengucapkan terima kasih. Oleh karena itu atas nama almarhumah saya mewakili keluarga mengucapkan terima kasih atas apa yang diberikan kepada almarhumah,” ungkap SBY.

Menurut SBY, Ani Yudhoyono banyak melakukan kebaikan untuk lingkungan jauh sebelum menjadi ibu negara selama 10 tahun, terlebih kini istrinya sudah menjadi bagian dari sejarah. “Apa yang dilakukan almarhumah 10 tahun sebagai first lady telah menjadi bagian dari sejarah.

Apa yang dilakukan almarhum berangkat dari cinta, passion, terhadap kehidupan, terhadap lingkungan, tanam-tanaman, bunga-bungaan, satwa, dan kehidupan dalam arti umum,” terangnya.

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim, putra dan mantu SBY; Agus Harimurti Yudhoyono-Annisa Pohan dan Edhie Baskoro Yudhoyono-Aliya Rajasa. Terlihat juga para mantan Menteri Kabinet Indonesia Bersatu seperti Djoko Suyanto, Hatta Rajasa, Dipo Alam dan Amir Syamsuddin.

(Periksa Ginting)

Komentar