oleh

Mengaplikasikan Moral Dalam Kehidupan Sesama: Santunan Plus HUT ke-12 Harian Jurnal Bogor

INILAHONLINE.COM, CIBINONG

Pagi hari hingga selepas Dzuhur, Ahad (15/12) jejak langkah gesit dan ceria sekitar 51 yatim, piatu dan kaum dhuafa’ dari berbagai sudut wilayah Bogor menapaki karpet di Gedung Tegar Beriman, Kabupaten Bogor.

Mereka berlari-lari di antara jajaran kursi yang telah disediakan atas kebaikan hati Bupati Bogor, Hj. Ade Yasin, SH, MH beserta reng-rengannya, menanti dimulainya kegiatan Santunan Plus HUT ke-12 Jurnal Bogor betajuk “Bahagiakan Yatim, Piatu & Dhuafa, Beramal Bersama Mitra Sejati.”

Ini sebuah renungan sekaligus teguran keras sebagai insan pers, agar kita tak hanya memikirkan sisi duniawi, tapi juga akhirat. Jurnal Bogor yang saat ini berusia 12 tahun memiliki sikap yang jelas dan tegas terhadap kepedulian kepada yatim, piatu, dan dhuafa’.

“Kegiatan ini menunjukkan adanya moral yang diaplikasikan pada kehidupan, dilandasi jiwa mulia, seperti diajarkan oleh Rasulullah Muhammad SAW. Usapan pada rambut kepala yatim, piatu, sudah menggambarkan adanya keinginan tulus untuk mencium aroma surgawi, dengan ridlo Allah,” ungkap Ketua Umum Sekber Wartawan Bogor, HRM Danang Donoroso ketika memberikan sambutan pada acara Santunan Plus HUT ke-12 Jurnal Bogor, Mingu (15/12).

Ketua Umum Sekber Wartawan Bogor, HRM Danang Donoroso

Danang yang juga Pemilik Harian Pelita Baru dan Penasihat Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kabupaten Bogor itu menegaskan pentingnya menauladani Sunnah Rasul, seiring dengan dinamika kehidupan di era global. Pola pikir kita ya mesti fiddunya walakhirah. Panutannya ya satu Muhammad Rasulullah, bukan teori duniawi.

Dengan begitu, jelas sikap dan perilakunya, menjadikan moral dalam aplikasi kehidupan. Ada azas manfaat yang bisa dirasakan oleh sesama, terutama yatim, piatu dan kaum dhuafa’. Dijauhkan dari penipuan (hoax) dan ketidakadilan dalam melakoni kehidupan dunia,” tutur Penasihat PWI Kabupaten Bogor itu.

Mochamad Ircham, Pemimpin Redaksi Jurnal Bogor dan jurnalinspirasi.co.id itu. 

Acara santai, dari dan untuk yatim, piatu dan kaum dhuafa’ itu juga dihadiri Tim Angklung dari SLB Mekarsari di bawah asuhan Achmad Samsudin. Didampingi sang Kepala Sekolah, dua vokalis belia melantunkan lagu Bunda diiringi musik. Anak-anakpun terhibur. Sebelumnya, mereka juga dihibur oleh

Vokalis Handy ‘Mehonk’ Purnama dengan organ tunggal, Indra. Selain genre pop, juga tampil pedangdut bergaun merah. “
“Ayo, ikutan bernyanyi,”” ajak Deby Febryanti dan Iko Fajriaturrizqoh, duo MC kece dari Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Universitas Ibn Khaldun Bogor.

Di saat khidmat, para yatim, piatu berusia 2-16 tahun itupun bisa tampil prima, baik ketika mendengar pembacaan Kalam Ilahi oleh Muhammad Mursyid dari UIKA Bogor maupun menyanyikan Lagu Indonesia Raya yang dipandu oleh Iko.

Tampil sebagai The Men Behind The Gun, dari UIKA Bogor juga, namanya Enggar Arie Syahbara dan Keenan Jaki Kahardian. Mereka menyukseskan proses penerimaan tamu bersama Heni Pratiwi. Kebahagiaan benar-benar terpancar dari wajah mereka ketika tamu VIP bersama jajaran Manajemen PT Jurnal Bogor Inspirasi memberikan santunan, dilanjutkan foto bersama.

“Ayo Aisyah, gendong. Foto…ciiis,”” ungkap Ir. H. Irwan Hasby, Direktur Jurnal Bogor (media cetak diterbitkan PT. Jurnal Bogor Inspirasi) dan jurnalinspirasi.co.id (media online diterbitkan PT. Jurnal Inspirasi Mediatama) sesaat setelah memberikan santunan kepada anak usia tiga tahun, didampingi Mochamad Ircham, Pemimpin Redaksi Jurnal Bogor dan jurnalinspirasi.co.id itu. 

Ketua SMSI Bogor Piyarso Hadi

Seperti Danang, Hasbypun mengusap rambut kepala para yatim, piatu dan dhuafa’ sebagai wujud kasih sayang dan kepeduliannya. Diikuti Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Bogor, Piyarso Hadi, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bogor, H Subagyo, dan Wakil Ketua PWI Kota Depok, Rahmat Tarmuji, General Manajer Jurnal Bogor, Maher Amriel, dan tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan itu, Ketua SMSI Bogor Piyarso Hadi juga menyambut hangat peluncuran perdana media siber (online) jurnalinspirasi.co.id, dan pihaknya berharap para pengelola atau pemiliknya dapat berperan aktif bersama SMSI Bogor, khususnya di wilayah Kabupaten Bogor memberikan penyeimbang merebaknya hoax dan informasi di media online yang kebablasan,dengan tak mengindahkan kode etik jurnalistik dan Undang Undang Pers nomor 40/1999.

Mestinya PWI dan SMSI segera melakukan “kawin emas”. Karena PWI adalah merupakan organisasi profesi wartawan dan SMSI merupakan organisasi perusahaan pers media siber (online).

Ketua PWI Kabupaten Bogor, H. Subagio

“Hingga kini menurut catatan di Kemenkominfo, sekitar 43.000 keberadaan media online yang ada di Indonesia, namun baru sekitar 380-an media online yang menjadi anggota SMSI,” ujar Pemimpin Umum inilahonline.com tersebut

Sementara itu Ketua PWI Kabupaten Bogor, H. Subagio juga menyambut baik kehadiran media online group Jurnal Bogor bernama jurnalinsipirasi.co.id. Dengan semakin banykanya media online yang hadir, maka akan semakin menambah khasanah atau alternatif informasi kepada masyarakat dengan cepat dan akurat.

“PWI sebagai konstituen Dewan Pers, khususnya kepada para jurnalis media online diharapkan bisa saling menjaga dan memathui Undang Undang Pers 40/1999. Selain itu, para jurnalis dihimbau segera masuk dan aktif sebagai anggota PWI, dan bagi perusahaan pers penerbit media online juga diharapkan bisa masuk anggota SMSI. Agar jika ada sengketa Pers, maka ranahnya penyelesaiannya dengan menggunkan UU Pers,” tandas Subagyo.

(M. Ircham)

Komentar