oleh

Mensyukuri HUT ke-76 Kemerdekaan RI, Kodiklatad bersama Glamping Lake Side Gelar Baksos di Rancabali Kabupaten Bandung

INILAHONLINE.COM, RANCABALI — Sebagai wujud syukur atas Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 dan dalam rangka membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19, Komandan Kodiklatad Letjen TNI AM. Putranto, S.Sos, bersama-sama dengan para offroader komunitas Adventure Akabri ’87 (AA’87C) yang bernaung di bawah IOF beserta Bro Marcel dan rekan-rekan dari Tim Glamping Lakeside melaksanakan bakti sosial di Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung. Minggu (22/8/2021)

Rangkaian kegiatan diawali dengan pembentangan bendera merah putih di lapangan Makodiklatad yang menandakan bahwa setiap kalangan masyarakat memiliki kewajiban yang sama dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan Republik Indonesia.

Selanjutnya rombongan bergerak menggunakan 25 kendaraan 4×4 menuju Kecamatan Rancabali yang berada di ketinggian 2.100 mdpl. Perjalanan menuju lokasi tidaklah mudah karena banyak terdapat jalur yang tidak dapat dilalui oleh kendaraan biasa, di sinilah keahlian mengemudikan kendaraan 4×4 dibutuhkan untuk dapat mengangkut logistik menuju lokasi baksos.

Tiba di kawasan Kampung Rengganis Kecamatan Rancabali, Bro Putranto dan rombongan disambut antusias oleh Forkopimcam dan warga masyarakat setempat. Di tempat ini Camat Rancabali, Dadang Hermawan atas nama masyarakat menyampaikan selamat datang dan mengucapkan terimakasih atas darma bakti berupa bantuan paket sembako yang akan diberikan dalam baksos ini. Beliau berharap semangat kemerdekaan ini dapat membawa masyarakat dan bangsa Indonesia keluar dari Pandemi Covid-19.

Seperti diketahui bersama bahwa sebagian besar mata pencaharian masyarakat kecamatan Rancabali berasal dari perkebunan dan pariwisata alam setempat, namun pandemi Covid-19 yang melanda telah memberikan dampak terhadap sumber pemasukan masyarakat tersebut.

Menanggapi hal ini, Bro Putranto mengajak para warga untuk bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah menganugerahkan negeri yang indah dengan lingkungan alam yang asri dan kaya akan potensi wisata.

Dihadapkan dengan situasi Pandemi yang saat ini sudah menunjukkan perkembangan ke arah yang lebih baik, Bro Putranto menghimbau agar warga menumbuhkan rasa saling memiliki terhadap kawasan-kawasan wisata yang ada dengan cara menjaga lingkungan.

“Bapak dan Ibu masyarakat serta para Forkopimcam di Rancabali adalah pagar hidup kawasan ini, jadilah tuan rumah yang baik dan ciptakan suasana yang harmonis untuk mendukung kebangkitan pariwisata seiring dengan menurunnya kondisi pandemi. Namun situasi yang sudah mereda ini jangan membuat kita lalai, protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan secara ketat. Kita semua yakin dan percaya bahwa Indonesia tangguh dan Indonesia akan tumbuh lebih baik”, ucapnya.

Terhitung sejumlah 200 paket sembako dibagikan dalam kegiatan baksos kali ini. Namun guna mempedomani protokol kesehatan dan mencegah kerumunan warga, maka Bro Putranto dan rombongan secara simbolis menyerahkan 20 paket sembako kepada perwakilan masyarakat yang hadir, sementara itu 180 paket lainnya didistribusikan kepada masyarakat kecamatan Rancabali oleh aparat kewilayahan.

Turut hadir Irjenad Letjen TNI Benny Susianto, Danpussenif Letjen TNI Arief Rachman dan beberapa offroader dari komunitas 4×4 lainnya. Selain itu juga hadir dan mendukung kegiatan baksos ini yaitu Bro Marcelinus Feri, owner Glamping Lake Side yang telah membangun beberapa objek wisata di Kecamatan Rancabali dan membuka lapangan kerja bagi penduduk sekitar lokasi. (Penerangan Kodiklatad)

Komentar