Mitigasi Banjir di Sungai Sigeleng Brebes

Berita, Hankam, Pantura63 Dilihat

INILAHONLINE.COM, BREBES — Masyarakat Kelurahan Limbangan Wetan dan Kelurahan Limbangan Kulon, Kecamatan/Kabupaten Brebes, melaksanakan pengangkatan eceng gondok di Sungai Sigeleng. Jumat (21/10/2022).

Mereka dibantu sejumlah unsur terkait seperti TNI dari Koramil 01 Brebes Kodim 0713 Brebes, tim siaga banjir dari Dinas PU Brebes, perangkat Kelurahan Limbangan Wetan dan Limbangan Kulon, Linmas Kelurahan Limbangan Wetan, dan juga Banser Kelurahan Limbangan Wetan.

Hadir juga Lurah Limbangan Wetan Ahmad Nuryanto SIP dan Lurah Limbangan Kulon Arba N SE, beserta perangkatnya masing-masing.

Dikemukakan Danramil Kapten Infanteri Kunpriyanto SE, bahwa kerja bakti tersebut dalam upaya mencegah bahaya banjir di musim penghujan ini.

“Sasarannya yaitu mengangkat eceng gondok dan sampah yang menghambat aliran air Sungai Sigeleng,” bebernya.

Lanjutnya, jika saluran drainase lancar maka air tidak akan meluap sampai ke pemukiman warga, juga merusak infrastruktur jalan.

“Sangat penting bagi masyarakat di desa-desa lainnya di sepanjang aliran Sungai Sigeleng untuk melakukan hal yang sama sehingga air benar-benar sampai ke muara Laut Jawa di Pantai Randusanga Kulon,” sambungnya.

Danramil menambahkan, kerja bakti itu juga untuk menggugah kesadaran warga agar lebih peduli dengan lingkungan termasuk tidak membuang sampah di sungai.

Pasalnya, jika terjadi banjir dan air menggenangi pemukiman warga maka berbagai penyakit akan timbul seperti penyakit kulit, diare, dan penyakit yang ditularkan melalui perantaraan nyamuk. (Aan)

banner 521x10

Komentar