oleh

Naiki Mobil Wilis, Danrem 082/CPYJ Susuri Peninggalan Kerajaan Majapahit

INILAHONLINE.COM, MOJOKERTO – Dengan mengendarai mobil jenis Wilis, Danrem 082/CPYJ, Kolonel Inf M. Dariyanto menyusuri setiap situs peninggalan era Kerajaan Majapahit. Kegiatan itupun bertepatan dengan adanya rangkaian peringatan HUT ke-65 Pusnerbal.

“Majapahit adalah cikal bakal terbentuknya Nusantara, setelah melewati proses yang cukup panjang, akhirnya menjadi NKRI,” kata Danrem. Sabtu (29/5/2021).

Napak tilas yang dilakukan oleh dirinya kali ini, dinilai memiliki pesan yang cukup tinggi dalam budaya bangsa, terlebih menghormati jasa-jasa para pahlawan maupun lelubur.

“Kerajaan Majapahit, kala itu dikenal sebagai kerajaan besar. Sebab, Kerajaan itu mampu mencetak pemimpin-pemimpin berjiwa Ksatria. Ini sangat bagi bagi kita selaku generasi penerus untuk dijadikan motiviasi,” jelasnya.

Selain Pendopo Agung Trowulan, beberapa situs cagar budaya lainnya juga menjadi sasaran napak tilas orang nomor satu di tubuh Makorem 082/CPYJ itu, termasuk diantaranya Candi Gentong, Candi Brahu, Siti Inggil, Candi Bajang Ratu dan Candi Tikus.(Susilo)

Komentar