oleh

Nelayan Mengeluh, Muara Bungin Mengalami Pendangkalan

INILAHONLINE.COM, KARAWANG

Tingginya loyalitas serta kepedulian anggota karang taruna dusun Bungin Desa Tanjungpakis kecamatan pakis jaya, kabupaten Karawang, Sudah satu minggu ini masyarakat melakukan penyedotan pasir laut di Muara dengan memakai mesin penyedot, pendangkalan yang terjadi ini sehingga menutupi permukaan muara Bungin, kamis (15/08/2019).

Kerja keras yang di lakukan anggota Karang Taruna Bersama para Nelayan cukup mendapatkan apresiasi warga sekitar.

Gotong royong yang di terapkan serta di lakukan para Anggota karang Taruna Dusun Bungin semata- mata demi membela kepentingan bersama terlebih kepentingan Nasib para warga Nelayan yang beberapa hari belakangan sulit melaut, pasalnya terkendala terjadinya pendangkalan Muara yang berakibat perahu- perahu mereka sulit melaut.

Amas suryanto ketua karang taruna dusun Bungin yang lebih akrab di panggil Ugall menjadi mesin penggerak terhadap rekan Anggota yang lainnya.

“Kerja sama yang solid antara sesama rekan Anggota adalah janji Anggaran Dasar /Anggaran Rumah Tangga (AD /ART) lembaga KarangTaruna Dusun Bungin desa Tanjungpakis. dalam hal kemasyarakatan terlebih kesosialan mencakup lingkungan, yang dalam hal ini warga Nelayan dusun Bungin Tanjungpakis Karawang, kesulitan melaut akibat hampir tertutupnya Akses Muara Bungin. pendangkalan yang terjadi berdampak Abrasi sebelumnya.” tegas Ugall pada inilahonline.com

“Sejauh ini gotong royong yang kami lakukan baik bersama rekan-rekan Anggota Karang taruna maupun Warga Nelayan murni bersumber pembiayaan dari swadaya masyrakat, mulai kebutuhan Bahan bakar seperti solar untuk mesin penyedot, belum lagi makan minum mereka yang bekerja setiap harinya. Mesin yang kami dapat pun itu hasil pinjaman dari kelompok Nelayan yang berasal dari tetangga desa,” imbuhnya.

“Kami berharap pemerintah juga Dinas terkait dalam hal dinas perikanan dan kelautan agar tidak segan-segan melakukan peninjauan kroscek langsung ke setiap Muara-Muara yang ada di Pesisir Karawang ini, Biar kami bisa memberikan usulan maupun permohonan bantuan terhadap kebutuhan yang kami butuhkan agar sesuai maupun tepat sasaranya dan penggunaannya, terlebih mencari solusi atas terjadinya pendangkalan Muara Bungin seperti saat ini.” harapnya.

(Joen)

Komentar