oleh

Nepal van Java Destinasi Wisata Kaya Oksigen

INILAHONLINE.COM, MAGELANG – Setelah ditutup selama seminggu ( 9 – 17 Mei 2021) di tengan Pandemi Covid – 19 saat Libur Lebaran 2021, kini dari Kabupaten Magelang, menawarkan daya Tarik wisata kaya oksigen, kawasan pegunungan yang menjadi pilihan bagi wisatawan, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat.

Bupati Magelang, Zaenal Arifin SIP kepada wartawan beberapa waktu lalu di rumah dinas menyatakan, obyek wisata Neval van Java merupakan obyek wisata alam yang lagi ngetrend di kalangan pejabat di Jakarta.

“Nepal van Java ini, lagi top bagi masyarakat, terutama orang Jakarta,” kata Bupati Zaenal Arifin sambil menunjukkan gambar besar bangunan rumah berundak dengan latar belakang puncak Gunung Sumbing (Veval van Java) di layar kaca Rumdin.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang, Slamet Achmad Husein menegaskan, pengelola wisata di Kabupaten Magelang harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat, berbasis CHSE, yakni Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan).

“Penerapan CHSE tetap menjadi komitmen bagi pengelola wisata dan wisatawan, karena itu sudah menjadi regulasi yang harus dipedomani, dan pegangan bagi pengelola wisata, tujuannya untuk menekan penularan Codiv – 19,” tegasnya.

Ada beberapa obyek wisata alam , selain Neval van Java, ada Mangli Sky View, Silancur Highland, Curug Silawe dan obyek wisata alam lainnya di kaki Gunung Sumbing, di Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang.

Nepal van Java, berada di ketinggian sekitar 1.700 mdpl, di kaki Gunung Sumbing, tepatnya di Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Pemandangan alam dan perumahan penduduk berundak dan tampak bertumpuk, seolah mirip dengan Negara Nepal.

Di sekelilingnya hamparan luas menghijau, merangkum panduan lengkap berkunjung ke Nepal van Java. Karena pada libur Lebaran tahun ini (2021), pengelola Nepal Van Java menawarkan beberapa paket wisata menarik.

Pengelola Nepal van Java, Lilik Setiyawan menyatakan, harga tiket masuk dari Rp 8.000 menjadi Rp 10.000 per orang, dengan tambahan atraksi pentas kesenian lokal Dusun Butuh, yakni setiap selapan (Minggu Pahing).

Khusus untuk wisatawan yang datang pada hari Jum’at, tiket masuk dimanfaatkan untuk program atau kegiatan sosial, yakni menyantuni anak yatim piatu dan kaum duafa.

Lalu, ada Paket Jeep Borobudur-Sumbing Exotic, meliputi dari wisata Candi Borobudur dan sekitarnya, Trip ke Tempat Wisata di Lereng Sumbing, dengan rute Taman Pagoda, Curug Silawe, Nepal Van Java, Mangli Sky View dan Candi Selogriyo.

Perjalanan ke Nepal van Java, merupakan hiburan tersendiri, karena harus melewati lekukan jalan tanjakan mengagumkan, karena di sepanjang jalan yang dilalui, terdapat hamparan hijau sayuran yang ditanam warga sekitar.

Sesampainya di Nepal van Java, pengunjung akan dibuat takjub dengan panorama yang tersaji di sana. Pengunjung juga bisa melakukan aktivitas seru lain, seperti petik sayuran dan jelajah kampung. Ada beberapa tips yang perlu disimak sebelum berangkat, seperti memastikan kendaraan kuat menanjak, datang saat cuaca cerah, hingga sopan terhadap warga setempat.

Mangli Sky View

Selain Nepal Van Java, ada juga Mangli Sky View yang berlokasi di Kecamatan Kaliangkrik, Magelang, Jawa Tengah. Mangli Sky View, menyuguhkan pemandangan alam yang memesona, dengan hamparan awan putih seperti lautan saat pagi hari, di tambah pancaran terbitnya sang surya (sunrise) yang begitu indah.

Ke Mangli, jangan kawatir karena pengelola menerapkan protokol kesehatan sangat ketat, tujuannya untuk memberikan kenyamanan pengunjung. Dimulai pembatasan jumlah pengunjung, menyiapkan petugas untuk melakukan pengecekan suhu tubuh, hingga menyediakan fasilitas pendukung, seperti tempat mencuci tangan.

Pengelola Mangli Sky View, Prasetyo menjelaskan, tempat ini merupakan alternatif wisata terbaik di tengah pandemi Covid-19. Mangli Sky View, memiliki spot-spot instagramable yang menarik dan indah, karena berada di timur lereng Gunung Sumbing dengan ketinggian 1.570 mdpl.

MANGLI – Pesono Mangli Sky View yang begitu indah, bisa melihat hambaran awas dari Mangli Sky View berlokasi di Kecamatan Kaliangkrik, Magelang, Jawa Tengah. Foto dok

Pengelola siap dengan protokol lesehatan, dengan paket bermalam, pondok wisata, tenda VIP, tenda doom. Paginya, menikmati sunrise dengan pemandangan 9 gunung yaitu Merapi, Merbabu, Telomoyo, Andong, Giyanti, Ungaran, Tidar, Sumbing dan Pegunungan Menoreh.

Beberapa paket wisata menarik ditawarkan, antara lain wisata petik sayuran, paket bertani (mulai menyangkul, menanam, memupuk, memanen dan masak bersama di lokasi). Wisata minat khusus, tracking gunung Sumbing dan pendakian Gunung Sumbing via basecamp Mangli. Siang hari, jalan-jalan dengan hamparan kebun sayuran. Malam harinya, menikmati ribuan lampu Kota Magelang.

Aneka kulinernya sebagian besar berbahan baku lokal berupa, nasi megono, teh mangli, brokoli crispy, kopi robusta, arabica dan arabica wine, coklat, wedang rempah. “Tidak lupa cendera-mata dapat dipilih untuk dibawa pulang antara lain, sayuran segar, pensil boneka, dan lain-lain,” ujar Prasetyo.

Silancur Highland

Silancur Highland merupakan kawasan wisata camping dan spot foto yang menonjolkan pemandangan Gunung Sumbing. Silancur Highland terletak di Desa Mangli, Kaliangkrik, sekitar 15 Km dari Alun-Alun Kota Magelang. Berada di ketinggian 1.300 mdpl membuat udara di kawasan ini masih sangat sejuk dan asri.

Waktu paling tepat bagi Anda untuk mengunjungi kawasan ini adalah di pagi hari. Anda dapat menyaksikan pemandangan sunrise dan kehangatan sinar mentari di pagi hari. Untuk memasuki kawasan ini, wisatawan cukup membayar tarif masuk sebesar Rp. 10.000,.

Ada juga air terjun Curug Silawe, terletak di lereng Gunung Sumbing, Desa Mangli, Kaliangkrik, Magelang. Wisatawan yang datang ke kawasan ini akan disambut dengan jalanan setapak alami yang dipagari pohon pinus serta guyuran air yang jernih sehingga menciptakan udara sejuk. (ali subchi)

Komentar