oleh

Operasi Pangan Murah ACT Layani Ratusan Masyarakat Bantaran Kali Code Yogyakarta

INILAHONLINE.COM, YOGYAKARTA — Persebaran Covid-19 di wilayah DIY sudah mulai melandai sejak bulan Oktober yang lalu, namun belum terlalu berdampak pada meningkatnya perekonomian masyarakat, khususnya masyarakat prasejahtera. Hal ini ditambah lagi dengan meningkatnya harga beberapa bahan pokok masyarakat, tentu hal ini menambah kesulitan yang dialami oleh masyarakat dengan tingkat ekonomi menengah kebawah.

Merespon hal ini, Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap meluncurkan Program Operasi Pangan Murah, sebuh program yang menyediakan kebutuhan pokok masyarakat dengan harga murah, yakni hanya 50% dari harga jual di pasaran.

Danang Nur Hidayatullah selaku PIC Program Operasi Pangan Murah ACT Yogyakarta mengungkapkan untuk tahap awal ini kami menyediakan 180 Paket Pangan Murah yang kami sediakan untuk warga pra sejahtera yang tinggal di bantaran kali Code, tepatnya di Kalurahan Suryatmajan, Danurejan, Yogyakarta. Isian Paket dijual kepada masyarakat dengan harga beragam mulai dari 40 ribu terdiri dari beras 3 kg, minyak, gula, sarden, kecap, dan teh.

“Distribusi Paket Pangan Murah di Suryatmajan ini kami bagi menjadi 3 kali pelaksanaan, bersama pihak kalurahan warga yang layak menjadi penerima manfaat Operasi Pangan Murah ini kami bagikan kupon, kemudian ditukarkan pada waktu yang telah kamu tentukan. Kegiatan yang dibagi menjadi 3 kali ini untuk menghindari kerumunan. Walau Pandemi sudah mulai melandai, namun protokoler kesehatan tetap harus kami terapkan untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.” Tambahnya.

Sementara Lurah Suryatmajan, Bapak Weda Satria yang hadir pada momen peluncuran Operasi Pangan Murah ini mengaku sangat terbantu dan berterimakasih kepada para dermawan dengan adanya kegiatan ini di wilayahnya. “Saya sangat setuju dengan konsep Pangan Murah dari ACT ini, karena Masyarakat tak hanya mendapat bantuan secara gratis namun dengan masyarakat juga membeli dengan harga murah ini mental masyarakat juga terbangun. Terlebih hasil penjualan ini juga akan diputar kembali untuk melayani masyarakat lainnya, jadi otomatis warga kami sudah ikut bersedekah juga dengan membeli bahan pokok di Operasi Pangan Murah ini.” Ujarnya.

senyum merekah juga hadir dari wajah bu Wakiyem, dengan bersemangat ia dan ibu-ibu dari kampung Gemblakan Bawah datang ke lokasi Operasi Pangan Murah untuk membeli bahan pangan dengan harga yang benar-benar murah. “Alhamdulillah mas, senang sekali… kalau bisa ini diadakan seminggu sekali, sehingga kebutuhan pokok keluarga kami terjamin.” tuturnya.

“Operasi Pangan Murah ini, kedepannya akan hadir melayani semakin banyak masyarakat di wilayah DIY. Tentunya akan diprioritaskan untuk keluarga miskin yang saat ini masih berada di angka 12,8%. Harapannya dengan adanya program ini, selain membantu masyarakat juga untuk mengangkat izzah masyarakat prasejahtera. Harapannya tak ada lagi masyarakat yang meminta-minta, namun semuanya menjadi masyarakat yang dermawan, yang ikut bersedekah dikala lapang maupun sempit.” Tambah Danang di penghujung kegiatan Operasi Pangan Murah.(CJ/Kharis Pradana ACT-DIY)

Komentar