oleh

OPGI Memiliki Peran Strategis Dalam Upaya Menekan Jumlah Pengangguran

INILAHONLINE.COM, BOGOR – Organisasi Pekerja Garmen Indonesia (OPGI) yang menjadi mitra kerja Kementerian Perindustrian, melebarkan sayapnya dengan mengukuhkan kepengurusan OPGI wilayah Bogor yang dikukuhkan langsung Ketua Umum OPGI Pusat Stenly Ngelo, di M-One Hotel, Sabtu (10/4/2021).

“Kami sebelumnya sudah melakukan persiapan sejak beberapa waktu lalu untuk acara pengukuhan atau pelantikan pengurus wilayah Bogor,” kata Ketua Umum OPGI Bogor Aries Sunan saat rapat panitia di M-One Hotel, Rabu (7/4/2021) malam.

Aries Sunan mengatakan, pengukuhan juga dilakukan terhadap pengurus OPGI wilayah Bekasi. Dia juga mengapresiasi akan kehadiran Ketua Umum OPGI Pusat Stenly Ngelo dan sejumlah undangan yang hadir, diantaranya dari dinas terkait dari Kabupaten Bogor dan Jawa Barat.

“Keberadaan OPGI telah memiliki peran strategis dalam upaya menekan jumlah pengangguran, terutama akibat dampak pandemi Covid-19 selama ini,” ujar Aries.

Ketua Umum OPGI Kabupaten Bogor Aries Sunan bersama Sekretaris Umum Lutfi Tri Pamuji ketika memberikan keterangan Pers kepada media

Bahkan menurur Aries,  OPGI memiliki upaya untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) dalam rangka memenuhi kebutuhan sektor industri saat ini. Sebab, SDM merupakan salah satu faktor kunci untuk mendongkrak produktivitas dan daya saing serta menciptakan inovasi.

“Program kami ke depan membuat semacam pelatihan-pelatihan agar calon pekerja, khususnya di garmen terampil dan siap memasuki dunia kerja,” ungkapnya.

Hal yang sama juga dikatakan Sekretaris Umum OPGI Bogor Lutfi Tri Pamuji. OPGI sangat mendukung program Kementerian Perindustrian dalam program dan kegiatan pembangunan nasional saat ini yang difokuskan pada pembangunan SDM yang berkualitas, sehingga perlu dilakukan berbagai program pendidikan dan pelatihan vokasi secara lebih massif.

“Kami tentunya membantu program pemerintah dan masyarakat juga terbantu dalam mencari pekerjaan atau dalam meningkatkan kemampuan dalam industri garmen,” sambungnya

Lebih lanjut Lutfi menjelaskan, pelatihan yang kami buat pun nantinya gratis. Kami akan buat kerjasama dengan perusahaan-perusahaan garmen dan di Bogor ini potensial dengan luas wilayah dan banyaknya usaha ini. Jadi masyarakat akan sangat terbantu dengan program yang bakal kami gulirkan.

“Peserta pelatihan akan menerima manfaat yakni bebas biaya pelatihan, pelatihan singkat 20 hari, pelatihan berbasis kompetensi, lulusan terlatih, terampil siap kerja, penempatan kerja, serta mendapat sertifikat kompetensi,” pungkasnya. (Cheyne Amandha Miranda)

Komentar