oleh

Pangdam I/BB Beserta Gubsu dan Kapoldasu, Salurkan Bantuan di Desa Terdampak Erupsi Sinabung

INILAHONLINE.COM, MEDAN-SUMUT

Pangdam I/BB Mayjen TNI Irwansyah MA MSc meninjau langsung desa terdampak erupsi gunung Sinabung di kabupaten Tanah Karo, Selasa (18/08/2020).

Dalam kunjungan tersebut juga dihadiri Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin serta beberapa pejabat Forkopimda Sumut lainnya.

Pada kesempatan tersebut Gubernur Sumut Edy Rahmayadi bersama Pangdam I/BB dan Kapoldasu meninjau dua desa terdampak, yakni desa Namanteran, dan desa Tiganderket yang berada di Zona Merah gunung Sinabung. Mereka memberikan bahan makanan dan obat-obatan serta masker untuk dibagikan kepada personel satgas dan masyarakat di sana.

Pada sesi kunjungan itu, terlihat Pangdam I/BB menyerahkan secara simbolis paket bantuan kepada perwakilan pemerintah setempat yang terdampak abu vulkanik.

Gubsu Edy Rahmayadi menegaskan, saat ini gunung Sinabung berada pada status Level III atau Siaga). Tentunya dengan rekomendasi masyarakat dan pengunjung dan wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius 3 kilometer dari puncak gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 kilometer untuk sektor selatan-timur.

Rombongan juga meninjau pusat vulkanologi dan mitigasi bencana geologi pada Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung. Hal ini guna memantau langsung perkembangan gunung Sinabung.

Tampak hadir pada kunjungan kali ini, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH, Komandan Satgas Tanggap Darurat Bencana Sinabung Letkol Kav Yuli Eko Hadiyant SSos (Dandim 0205/TK, Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriono SIK, serta beberapa pejabat di pemerintahan kabupaten Tanah Karo. (Aziz Panjaitan)

Komentar