oleh

Pangdam Jaya Turun Langsung Amankan Deklarasi Pemilu Damai

INILAHONLINE.COM, JAKARTA

Sebagai salah satu penjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Tentara Nasional Indonesia (TNI) harus siap mengamankan setiap jengkal dari negara ini. Bukan hanya itu, kegiatan-kegiatan kenegaraan yang sifatnya penting pun tidak luput dari pengamanan anggota TNI.

Salah satu yang menjadi perhatian khusus dari TNI yakni pesta demokrasi yang tahapannya telah berjalan sampai penetapan calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres) untuk periode 2019-2024. Bahkan, ‘Dekralasi Kampanye Damai Pemilihan Capres & Cawapres 2019’ pun telah digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Minggu (23/9) kemarin, di kawasan Monas, Jakarta Pusat.

Mayjen TNI Joni Supriyanto, sebagai Pangdam Jaya turun langsung memimpin pengamanan kegiatan tersebut. Sebab di waktu yang sama, ada juga Parade Momo Asian Paragames 2018. Sudah pasti kondisi Monas dan sekitarnya dipenuhi oleh massa.

Joni yang didampingi oleh Asops Kasdam Jaya Kolonel Inf Zamroni dan Dandim 0501/JP BS Letkol Inf Wahyu Yudhayana berpatroli dengan berjalan kaki di sekitaran Monas. Hal ini untuk menjamin kondusifitas keamanan wilayah saat acara yang dihadiri Capres-Cawapres nomor urut 1, Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan nomor urut 2, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno serta para petinggi partai politik tersebut.

Pengamanan yang dilakukan pun bersifat terbuka untuk pasukan berseragam dengan senjata lengkap, dan juga tertutup yang tidak bisa terlihat langsung serta pasukan pendukung.

Deklarasi Kampanye Damai langsung dipimpin oleh Arief Budiman selaku Ketua KPU Pusat dan mengambil tema “Indonesia Menolak Hoax, Politisasi SARA dan Politik Uang”. Deklarasi ini sengaja diagendakan dengan untuk meyakinkan dan menyampaikan visi misi dan pendidikan politik dan mewujudkan kesadaran semua peserta pemilu agar tidak menjalankan praktik politik SARA dan politik uang dalam berkampanye. KPU juga meyakinkan kepada masyarakat agar menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019 pada tanggal 17 April 2019. Acara ini dihadiri lebih kurang 5.000 orang.

Kegiatan Pembukaan Deklarasi Damai ditandai dengan pelepasan Balon ke udara dan diwarnai dengan pawai menggunakan pakaian adat melalui route Monas Cawan Barat menuju Pintu Monas Barat Laut kemudian dilanjutkan ke Jalan Merdeka Barat menuju Patung Kuda dan masuk Pintu Monas Barat Daya dilanjutkan ke Monas Cawan Barat.

Dalam pertanyaannya, Joni menegaskan tentang fungsi dan tugas TNI adalah menjamin kelancaran, keamanan, dan kesuksesan pilkada serentak maupun tahapan Pemilu 2019. “Siapapun pemenangnya TNI tetap akan jaga keamanan dan selalu berpegang teguh netralitas TNI,” tegasnya.

(Badar)

Komentar