oleh

Parade dan Defile Serta Atraksi Mewarnai HUT ke-73 Bhayangkara Polda Jateng

INILAHONLINE.COM, SEMARANG

Sebanyak 3.180 peserta kirab karnaval yang ikut memeriahkan peringatan HUT Ke-73 Bhayangkara Polda Jateng, yang digelar di Lapangan Pancasila Simpang Lima, Semarang, Rabu (10/7) berlangsung meriah dan mendapat perhatian masyarakat Kota Semarang.

Terbukti masyarakat yang hadir di Simpanglima Semarang cukup banyak, sehingga mereka ikut berdesak-desakan ingin melihat parade yang ditampilkan dari berbagai atraksi dari masing-masing kelompok. Tidak ketinggalan parade yang menampilkan kelompok drumband dari Akpol Semarang dan Akmil Magelang.

Berbagai atraksi dan parade yang diikuti defile dari beragam budaya Jateng mewarnai acara itu, bahkan dengan menunggang kuda, Kapolrestabes Semarang Kombes Abioso Seno Aji, membuka Defile atau parade yang datang dari perwakilan sejumlah daerah di wilayah Jateng, mulai dari Batang, Pekalongan, Kendal, Semarang, Wonosobo hingga Surakarta.

Selain itu, beragam kesenian ditampilkan mulai dari Tarian Dolalak dari Banyumas, Jathilan, Thek-thek Kebumen, serta ikut meramaikan komunitas Otomotif, Siswa Sekolah, Pokdar Kamtibmas, Aero Modelling, Satgas Mandali, Kicau Mania, K-9 Polri, Group Angklung, Group Barongsai dan Pasukan Kuda Polri.

Dalam puncak acara itu paling ditunggu atraksi dari berbagai drum band di antaranya dipersembahan dari AMNI Semarang, Akmil, Akpol Semarang, Canka Lokananta dari Keraton Surakarta serta atraksi Polisi Cilik yang sebelumnya telah memenangkan lomba yang diadakan Polda Jateng.

Ribuan masyarakat pun tampak memadati kawasan Simpang Lima Semarang , yang sudah disterilkan dari kendaraan umum, sehingga, masyarakat bisa leluasa menikmati pertunjukan yang menarik pada acara puncah HUT Ke-73 Bhayangakara itu.

Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel mengatakan, peringatan HUT Bhayangkara ini serentak dilakukan jajaran Polri seluruh Indonesia dan Polda Jateng menggelar kirab defile yang diikuti berbagai elemen masarakat.

Kapolda mengucapkan terima kasih semua pihak atas kerja samanya dalam menciptakan situasi Kamtibmas di Jateng.

“Berkat kerja sama dari berbagai kalangan, alhamdulillah Jateng selalu kondusif. Kami berharap kebersamaan ini akan terus berlanjut demi terciptanya kedamaian, kesejahteraan, dan ketentraman di seluruh Jateng,” ujarnya.

Kapolda juga meminta doa restu agar diusianya yang ke-73 ini, Polisi semakin mandiri dan semakin matang untuk terus meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

“Menjaga kemanusian dan menjaga tetap lestarinya peradaban umat manusia,” tuturnya.

Upaya itu, tutur Rycko, sejalan dengan tema yang diusung dalam HUT Bhayangkara tahun ini yakni Dengan Semangat Promoter, Pengabdian Polri untuk Masyarakat, Bangsa, dan Negara.

Acara tersebut dihadiri sejumlah pejabat selain Gubernur Jateng, Ketua DPRD Jateng, Pangdam IV/Diponegoro, Walikota Semarang, Ormas, Pelajar dan berbagai elemen masyarakat lainnya.

Berbagai komunitas yang hadir ikut memeriahkan di antaranya komunitas sepeda ontel, becak, polisi cilik, motor antik, ojek online dan mobil offroad.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat pemerintah Provinsi, Kabupaten, Kota dan khususnya jajaran Pangdam IV/Diponegoro yang telah bekerja keras bahu membahu bergandengan erat membuat suasana Kamtibmas di Jateng sangat kondusif,” ujarnya.

(Suparman)

Komentar