oleh

PDAM TIRTA KAHURIPAN MEMBANGUN KINERJA MENUJU TERWUJUDNYA PERUSAHAAN TERMAJU DAN TERBAIK DI INDONESIA

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor sudah sepantasnya mempunyai visi untuk menjadikan perusahaan termaju dan terbaik di Indonesia dengan menunjukan trend positif dan mendapat penilaian sebagai BUMD berkinerja Sehat dari Badan Pendukung Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSAM) tahun 2019 dengan skor 4,24. PDAM Tirta Kahuripan dalam melayani masyarakat mengupayakan secara optimal yang dibuktikan dengan trend meningkat disetiap aspek, yaitu Aspek Operasional, Aspek Pelayanan, Aspek Administrasi serta Aspek Keuangan. Berikut capaian PDAM  Tirta Kahuripan sampai dengan tahun 2019.

Tabel 1. Perkembangan Tingkat Kesehatan Perusahaan Berdasarkan BPPSPAM

Hingga akhir 2019 kemarin, perusahaan penyedia air bersih PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor telah mencakup 24,10 persen wilayah cakupan pelayanan administratif atau melayani 25 Kecamatan dari 40 Kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor dengan jumlah pelanggan 173.451 SL.

Asset sumber air PDAM Tirta Kahuripan yang dimiliki diantaranya adalah 4 cluster sumur bor, memanfaatkan 11 sumber mata air dan 11 pengelolahan lengkap, Instalasi Pengolahan Air (IPA) serta 8 Cabang Pelayanan yang tersebar di berbagai wilayah Kabupaten Bogor. Nilai asset PDAM Tirta Kahuripan juga terus menunjukan peningkatan. Sampai 2019, nilai asset perusahaan tersebut mencapai Rp 742,7 miliar naik dibanding nilai asset pada 2018, sebesar Rp 665,8 miliar. Meningkatnya kinerja ini tidak terlepas dari dukungan pemerintah baik pusat maupun daerah untuk optimalisasi, penekanan kehilangan air serta pengembangan pelayanan yang diawasi dan dilaporkan dalam bentuk evaluasi kinerja setiap tahunnya.

Tabel 2. Perkembangan Pencapaian Sambungan Langganan

Jumlah sambungan pelanggan baru juga terus bertambah di tahun 2018 sebanyak 13.200 sambungan pada akhir tahun 2019 sebanyak 10.179 sambungan baru. Direksi beserta seluruh jajarannya selalu berusaha untuk memenuhi target pemasangan sambungan langganan baru setiap tahunnya.

Kapasitas air baku pada tahun 2019 sebesar 2.150 l/dt dengan produksi air yang selalu aktif 24 jam. PDAM juga telah meningkatkan penjualan air, tahun 2019 PDAM Tirta Kahuripan menjual 37,2 juta meter kubik.

Untuk memberikan kemudahan dan percepatan pelayanan kepada pelanggan, PDAM Tirta Kahuripan menyediakan 7 (tujuh) kantor Cabang Pelayanan di Kabupaten Bogor dan 1 (satu) Cabang Pelayanan di Kota Bogor serta Unit Pelayanan Langganan (service point) sebanyak 16 unit yang ada di beberapa cabang pelayanan. Tak hanya itu, PDAM Tirta Kahuripan pun menjalin kerjasama dengan pihak swasta untuk memudahkan para pelanggan dalam membayar rekening tagihan air tanpa perlu datang ke loket dengan menyediakan media pembayaran online. Diantaranya adalah Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BTN, Bank BRI, Bank BJB, Pos Indonesia, Alfamart, Alfamidi serta Indomaret.

Dalam tata kelola perusahaan, PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor telah menerapkan sistem yang sesuai dengan standarisasi Kelembagaan di Indonesia sehingga setiap program kegiatan yang ada di perusahaan dapat berjalan sesuai aturan yang berlaku. Diantaranya upgrade SNI ISO 17025 : 2017 Manajemen Mutu Lab; pengujian air dengan baik menggunakan metode – metode yang sudah diakui termasuk kompetensi penguji, ISO 9001 yang diterapkan di Cabang Pelayanan secara bertahap. Hal tersebut diterapkan untuk memberikan kepercayaan kepada pelanggan maupun stakeholder dengan dibuktikan melalui kinerja perusahaan yang optimal berlandaskan pada penerapan GCG (Good Corporate Governance) sebagai dasar maupun acuan dalam mengelola perusahaan.

Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Bogor, PDAM juga kerap mengadakan program untuk memudahkan masyarakat mengakses air bersih. Diantaranya memberikan bantuan kepada masyarakat berpenghasilan rendah (Program MBR) maupun pada akhir tahun kemarin, PDAM Tirta Kahuripan memberikan diskon 50%. Program Diskon Penyambungan Baru ini dilaksanakan sebagai bentuk komitmen PDAM Tirta Kahuripan menuju target 100% Layanan Air Bersih tahun 2019.

(Advertorial)

 

Komentar