oleh

Pedagang Di Pasar Bareng Terapkan Transparansi Harga Melalui E-Pasar Malang

INILAHONLINE.COM, KOTA MALANG

Kepastian harga merupakan salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh toko modern. Walaupun beberapa barang mungkin saja dijual di level harga yang jauh lebih mahal dari pasar tradisional, namun masyarakat memaklumi hal itu.

“Kejelasan harga adalah fitur E-Pasar Malang yang akan menarik kembali pelanggan ritel modern ke pasar rakyat, dan akan menjadi tradisi di pasar tradisional”, ungkap Dicky Sulaiman selaku Wakil Ketua Bidang Perdagangan dan Distribusi KADIN Kota Malang. Selain itu, ditambahkan DS, sarana digital ini memudahkan pencarian item barang kebutuhan dan feedback langsung dari konsumen terkait layanan lapak dan kualitas barangnya.

Menurut informasi dari Direktur PT. Jaya Mayantara Media selaku operator E-Pasar Malang, system pemesanan dan pengantaran dari Pasar Bareng sudah dimulai sejak 3 Agustus 2010. Setelah melalui uji lapangan, verifikasi, dan implementasi SOP, dipastikan sejak kemarin (14/08) dapat melayani pembelian langsung dari masyarakat.

“Saya bersyukur dan banyak berterima kasih atas program E-Pasar yang begitu mendukung dan meramaikan Pasar Bareng,” tegas Kepala Pasar Bareng, Suyanto, dalam kesempatan rapat koordinasi bersama manajemen E-Pasar.

Pemerintah Kota Malang didukung Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Kota Malang meluncurkan program E-Pasar Malang yang telah berjalan sejak bulan lalu (04/07). Setidaknya sudah ada dua pasar di Kota Malang yang kini dapat menikmati akses berbelanja lokal di pasar tradisional secara online dengan harga yang jelas. Pasar Oro-oro Dowo dan Bareng menjadi sasaran perdana implementasi dari program tersebut.

Di tengah situasi pandemi covid 19 saat ini, masyarakat diharapkan Pemerintah Kota Malang dapat menghindari kerumunan dengan meminimalisir aktivitas di luar rumah. Dengan adanya aplikasi E-Pasar Malang, masyarakat dapat dengan lebih mudah melakukan pemesanan barang untuk kebutuhan sehari-hari di pasar terdekat tanpa keluar rumah. Dengan pembayaran sistem COD maupun menggunakan EDC, barang pesanan akan diantar kurir ke alamat pemesan.

Di aplikasi E-Pasar Malang, tampilan informasi dapat dilihat dengan jelas dan lengkap. Mulai dari ketersediaan barang dagangan, rating lapak dan barang dagangan, serta jam aktif operasional tiap lapak. Konsumen dapat memilih layanan pesan antar atau pesan ambil yang tersedia di aplikasi. Posko layanan E-Pasar Malang saat ini tercatat beroperasi di dua lokasi pasar yakni Pasar Oro-oro Dowo dan Pasar Bareng dengan area layanan di radius 3-10 Km dari pasar tersebut. (Soleh Widarto)

Komentar