oleh

Pelayanan Online BPN Kabupaten Bogor Akan Tetap Diteruskan Pasca Pandemi Covid-19

INILAHONLINE.COM, CIBINONG

Pelayanan online di Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bogor akan diteruskan setelah Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) berlalu dan situasi kembali normal seperti sebelumnya. Demikian dikatakan Kepala Kantor BPN Kabupaten Bogor, Sepyo Achanto kepada inilahonline.com, Selasa, (21/4/2020).

“Dengan dilaksanakannya pelayanan online ini, kami akan melakukan monitring dan evaluasi secara terus menerus. Karena pelayanan berbasis web melalui online merupakan kebutuhan di masa mendatang,” ujarnya.

Lebih jauh Sepyo menjelaskan, dengan melalui monitoring perkembangan proses layanan online pertanahan, kinerja kantor, kemajuan pelaksanaan program/kegiatan serta pelaporannya dapat dilaksanakan dengan lebih cepat dan efektif. Dengan data yang disajikannya, sistem ini dapat pula memberikan feedback untuk peningkatan kinerja maupun pendukung pengambilan suatu keputusan atau kebijakan.

Menurutnya, dengan pelayanan online diharapkan dapat mewujudkan pelayanan yang cepat dan efektif waktu. Selain itu, pelayanan melalui online ini, juga bermaksud untuk mengurangi kontak langsung dengan petugas dan kepastian persyaratan.

 

“Untuk mendukung kelancaran jalannya layanan pendaftaran tanah melalui online, kami nanti akan menempatkan petugas yang mengusai dan mampu menjelaskan mekanisme informai dan teknologi (IT)- nya,” ungkap mantan Kepala BPN Kabupaten Semarang.

Lebih lanjut Sepyo menegaskan, bahwa penerapan layanan online di kantornya terebut selain terkait pendemi Covid-19 yang bertujuan agar tidak terjadi tatap muka langsung antara petugas dengan pemohon, juga sebagai tindak lanjut Surat Edaran Menteri ATR/Kepala BPN Nomor 3/SE-100.TU.03/III/2020 tentang Pelayanan Pertanahan Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid19 dan melihat kondisi terkini di lapangan.

“Atas dasar Surat Edaran dari Menteri ATR/BPN, maka Kantor Pertanahan Kabupaten Bogor menyelenggarakan pelayanan pertanahan online. Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka pencegahan dan meminimalisir penyebaran virus Corona,” tegasnya.

(Piya Hadi)

Komentar