Pembangunan Kembali Gedung PWI Kota Bogor Adalah Harga Mati

Megapolitan540 Dilihat

INILAHONLINE.COM, BOGOR – Wakil Ketua DPRD Kota Bogor, Heri Cahyono merasa prihatin melihat kondisi kantor sekretariat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bogor di Jalan Kesehatan Kota Bogor itu. Pasalnya, gedung bersejarah cikal bakal lahirnya PWI Bogor tersebut, kini dalam kondisi atapnya ambruk dan dibiarkan terbengkelai hingga empat tahun lamanya.

“Saya merasa sangat prihatin sekali, ketika melihat langsung kondisi bangunan kantor Sekretariat PWI kota Bogor ini. Untuk itu, pembangunan kembali gedung ini adalah harga mati dan tidak bisa ditawar-tawar lagi,” ujarnya dalam sambutannya pada acara kegiatan HPN 2018 di Kantor PWI Jalan Kesehatan, Kota Bogor, (27/2/2018).

Menurutnya, pihaknya mendorong Pemerintah Kota Bogor agar segera menganggarkan kembali dalam APBD tahun 2019 untuk biaya renovasi gedung PWI, karena hingga saat ini gedung tersebut masih tercatat sebagai asat Pemkot Bogor, maka tidak ada salahnya jika segera dimasukan dalam anggaran.

“Sebagai bentuk dukungan kami terhadap pembangunan kembali gedung ini, kami menyatakan siap tanda tangan untuk menyetujui anggarannya,” tandas Sekretaris DPD Partai Golkar Kota Bogor tersebut.

Politisi alumni pasca sarjana IPB Bogor ini juga mengatakan, keberadaan insan Pers atau wartawan adalah mitra pemerintah, khusunya bagi Pemkot Bogor dalam memberikan kontribusinya pembangunan dibidang penyebaran informasi postif kepada masyarakat dalam partisipasi pembangunan suatu wilayah di daerah.

“Terlebih, Pers di era sekarang merupakan pilar keempat demokrasi setelah Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif, sehingga fungsi kontrol sosialnya bisa bersinergi dengan legislatif dalam ikut serta melakukan pengawasan terhadap jalannya pemerintahan yang dilaksanakan oleh eksekutif,” kata Heri Cahyono dihadapan ratusan wartawan.

Sementara itu, Perwakilan dari PWI Cabang Jawa Barat, H. Irwan Natsir menceritakan kilas balik perjalanan sejarah keberadaan PWI Bogor sebelum mengalami pemekaran dengan terbentuknya PWI Kabupaten Bogor. “Kami menyambut baik dengan kembalinya marwah PWI Kota Bogor untuk tetap eksis dan terus berkiprah dalam kancah dunia Pers dan jurnalistik di Kota Bogor. Karena PWI Kota Bogor, beberapa tahun silam merupkan PWI di Jawa Barat yang memliki peran cukup penting,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Sekretariat Bersama (Sekber) Wartawan Bogor, HRM. Danang Donoroso dalam sambutannya, menekankan perlu adanya sinergisitas seluruh elemen insan pers dan para stock holder dalam mewujudkan pembangunan kembali Gudung PWI Bogor yang memiliki nilai sejarah tinggi lahirnya PWI Bogor. “Sebagai bentuk wujud dukungan saya secara simbolis, maka dengan ini saya menyerahkan bantuan uang sebagai awal dimulainya pembangunan kembali gedung ini,” ujarnya sembari menyerahkan sejumlah uang tunai kepada Plt Ketua PWI Kota Bogor, Arie Surbakti.

Hal senada juga diungkapkan Plt Ketua PWI kota Bogor, Arie Surbakti, pihaknya mengucapkan terima kasih atas kebersamaan para Insan Pers di Bogor yang sudah peduli dan secara bersama-sama mendukung ekistensi PWI Kota Bogor, bahkan dirinya merasa terharu atas terselenggaranya kegiatan puncak rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) di Bogor ini yang bisa mempersatukan dan menghadirkan seluruh elemen insan pers dari antar generasi, mulai dari yang muda hingga parawartawan senior berbaur jadi satu dalam kebersamaan di kegiatan bertemakan “Kilas Balik Insan Pers Antar Waktu” dengan menghadirkan pameran foto sejarah perjalanan Pers di Bogor.

“Kegiatan ini kami laksanakan dengan cara sederhana, namun tidak mengurangi nilai dan makna HPN sebagai hari kita bersama, bahkan acara kegiatan ini kami laksanakan dalam persiapan yang sangkat singkat. Alhamdulillah, berkat kerja kerja keras dan semangat kebersamaan, kami dapat melaksankan kegiatan ini,” pungkasnya.

Selain, diselenggarakan pameran foto kilas balik perjalan Pers Bogor, atas prakarsa Wakil Ketua DPRD Kota Bogor yang juga aktifis Gearakan Tanam Pohon, Heri Cahyono, juga dilakukan penanaman sejumlah jenis pohon untuk ditanam dihalaman kantor PWI Kota Bogor. (Piya Hadi)

banner 521x10

Komentar