oleh

Pemerintah Akan Terapkan PSBB di Jawa-Bali Mulai 11-25 Januari 2021

INILAHONLINE.COM, JAKARTA

Pemerintah memutuskan menerapkan kebijakan pengetatan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) pada 11-25 Januari 2021 khususnya di Pulau Jawa dan Bali. Langkah ini diambil seiring meningkatnya jumlah kasus aktif COVID-19.

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airlangga Hartarto menyebutkan, kebijakan ini berlandaskan pada Peraturan Pemerintah (PP) nomor 21 tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Pemerintah melihat perlu beberapa kegiatan yang perlu dilakukan pembatasan. Penerapan pembatasan secara terbatas tersebut dilakukan di provinsi Jawa-Bali,” kata Airlangga Hartarto dalam konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (6/1/2021).

Airlangga mengatakan bahwa hal ini didasarkan pada kondisi penambahan kasus per minggu di Desember 48.434 dan di awal Januari melonjak sudah 51.986 kasus. Parameter tingkat kematian di atas rata-rata tingkat kematian nasional atau 3 persen, tingkat kesembuhan di bawah rata-rata tingkat kesembuhan nasional yaitu 82 persen. Kemudian tingkat kasus aktif di bawah kasus aktif nasional yaitu 14 persen, dan tingkat okupansi rumah sakit untuk ICU dan isolasi di atas 70 persen.

Airlangga menambahkan kriteria yang ditetapkan untuk dilakukan pembatasan adalah provinsi atau kabupaten/kota yang memenuhi sejumlah parameter.

“Penerapan pembatasan secara terbatas tersebut dilakukan di provinsi Jawa Bali, karena di seluruh provinsi tersebut memenuhi empat parameter yang ditetapkan,” kata Airlangga.

Berikut wilayah yang kembali menjadi sasaran PSBB :

DKI Jakarta : Seluruh wilayah Jakarta
Jawa Barat : Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kota Bandung, Kabupateng Bandung Barat, Kabupaten Cimahi
Banten : Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan
Jawa Tengah : Semarang Raya, Solo Raya, Banyumas Raya.
DI Yogyakarta : Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Sleman, Kabupaten Kulon Progo.
Jawa Timur : Kota Malang Raya dan Surabaya Raya
Bali : Denpasar dan Kabupaten Badung.

Komentar