Pemerintah Kabupaten Bogor Terima Penghargaan APE

Megapolitan499 Dilihat

INILAHONLINE.COM, JAKARTA

Pemerintah Kabupaten Bogor menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kategori Utama tahun 2018 oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlidungan Anak (PP dan PA).

Penghargaan tersebut diterima Bupati Bogor,Hj. Nurhayanti di Istana Wakil Presiden RI, Jakarta, Rabu (19/12/2018) pagi.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri PP dan PA, Yohana Yembise, disaksikan oleh Wapres RI Jusuf Kalla.

Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya diberikan kepada daerah yang peduli terhadap kesetaraan gender.

Dimana Kementerian PP dan PA bekerjasama dengan tim independen telah melaksanakan evaluasi pelaksanaan pengarusutamaan gender (PUG) tahun 2018 di Kabupaten/Kota.

Ditemui selepas menerima penghargaan Bupati Bogor Nurhayanti mendedikasikan kepada masyarakat Kabupaten Bogor dan kaum perempuan yang telah mencurahkan tenaga dan pikiran untuk memajukan perempuan dan perlindungan di Kabupaten Bogor.

“Penghargaan ini Saya dedikasikan kepada para tokoh yang mencurahkan tenaga dan pikiran untuk pemberdayaan perempuan dan juga untuk masalah kesetaraan Gender dan Saya juga berterima kepada kader-kader dan masyarakat Kabupaten Bogor yang telah mendukung program program Pemerintah Daerah,” ujarnya.

Ia juga mengatakan singkronisasi RPJMD Kabupaten Bogor terhadap RPJM Provinsi Jawa Barat dan RPJMN terintegrasi dengan intruksi pengarusutamaan gender dalam pembangunan sesuai dengan Inpres Nomor 9 tahun 2000.

“Maka strategi pengarusutamaan gender dilakukan untuk mencapai keadilan dan kesetaraan gender serta anak dan lansia, goals masalah cross cutting issue, pemecahan masalah kesulitan ekonomi perempuan, penurunan angka trafficking, perlindungan kekerasan pada perempuan dan anak serta keterlibatan perempuan dalam politik,”ujarnya.

Nurhayanti juga mengatakan RPJMD Kabupaten Bogor memiliki tujuan pertama yaitu meningkatkan kualitas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak dengan dua sasaran yaitu meningkatkan partisipasi perempuan dalam pembangunan dan meningkatkan pelindungan terhadap perempuan dan anak dari kekerasan eksploitasi dan diskriminasi.

Ia juga menjabarkan program prioritas pengarusutamaan gender di Kabupaten Bogor meliputi, 1. Program keserasian kebijakan kualitas anak dan perempuan. 2. Program penguatan kelembagaan pengarusutamaan gender dan anak, 3. Program peningkatan kualitas hidup dan perlindungan perempuan, 4. Program peningkatan peran serta dan kesetaraan gender dalam program pembangunan serta terakhir program penguatan kelembagaan anak keseluruhan program prioritas pengarusutamaan di bawah DP3AP2KB Kabupaten Bogor.

Pemerintah Kabupaten Bogor menurut Bupati Bogor dalam pelaksanaan pengarusutamaan gender tertuang dalam 4 Perda, 4 Perbub dan 10 SK Pendukung (Dslam bentuk SKDES berjumlah 8 SK, intruksi Bupati 1 dan SK dari Dinas Sosial 1) dasar hukum ini digunakan sebagai landasan pembentukan kelompok kerja PUG yang nantinnya akan melakukan penyusunan RAD PUG, roadmap PUG dan Renja PUG.

(Periksa Ginting)

banner 521x10

Komentar