Pemkab Bogor Pesan 1,5 Juta Masker dan APD Untuk Para Tenaga Medis

Berita, Megapolitan266 Dilihat

INILAHONLINE,COM, CIBINONG

Pemerintah Kabupaten Bogor (Pemkab Bogor) dalam waktu dekat segera memesan masker dan Alat Peindung Diri (APD) untuk para tenaga medis yang ada di rumah sakit (RS) dan Puskesmas di Kabupaten Bogor. Pasalnya sampai saat ini RS di Kabupaten Bogor masih kekurangan Masker dan APD dalam upaya menangani pasien yang terjangkit Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Kami memesan 1,5 juta masker dan APD, yang nantinya akan kita sebar ke empat RSUD yang ada di Kabupaten Bogor, yaitu RSUD Ciawi, Cibinong, Cileungsi dan Leuwiliang serta untuk 101 puskesmas yang ada di Kabupaten Bogor,” katanya Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan seuasai memimpin rapat, di Kantor Bupati Cibinong Senin (6/4/2020).

Iwan mengatakan, Pemkab Bogor sudah melakukan kerjasama dengan sembilan perusahaan di wilayah Kabupaten Bogor yang merupakan penyedia masker sesuai standar nasional bagi tenaga kesehatan. Selain itu, pihaknya tidak hanya menyediakan masker saja, tapi juga akan melakukan kerjasama dengan perusahaan pembuat Alat Pelindung Diri (APD) yang ada di Kabupaten Bogor.

“Kami mengundang para pengusaha di Kabupaten Bogor, bergerak di bidang APD dan juga masker non medis dan masker N95. Semua yang di produksi ada keterbatasan, ini keterbatasan dari bahan bakunya saja. Pertengaha bulan April bahan bakunya datang, dan rencana bulan Mei bisa di produksi,” ucapnya.

 

Lebih lanjut Iwan menjelaskan, walaupun sembilan pengusaha yang melakukan produksi masker dan APD di Kabupaten Bogor ini sudah bekerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), akan tetapi para pengusaha juga akan membantu Pemkab Bogor. Dalam menanggulangi kekurangan peralatan kesehatan bagi para tenaga medis di RS tersebut.

“Meski para perusahaan itu sudah kerjasama dengan BNPB, namun kami juga minta ada ploting khusus di Kabupaten Bogor untuk bantuan alat kesehatan tersebut. Karerna mereka sudah berusaha dan menjalankan bisnisnya disini, maka wajar jika kami meminta bantuan untuk kegiatan sosial kesehatan guna menangulangi wabah Covid-19 ini,” tandas Iwan.

Sementara itu, Sekretariat Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bogor, Ajat R Jatnika mengatakan, Pemkab Bogor juga segera memesan 550 juta masker terhitung dari bulan Mei sampai Oktober untuk tenaga medis dan masyarakat.

“Masker ada 11 juta di kali 50 boks, totalnya jadi 550 juta dan APD sebanyak 1,90 juta untuk empat RSUD dan 101 puskesmas. Selain itu Pemkab Bogor juga memesan masker N95 sebanyak 434 ribu sampai bulan Oktober,” ungkapnya.

Menurut Ajat, keberadaan dan persedian alat-alat kesehatan yang akan digunakan untuk penagnggulangan Covid-19 ini barangnya susah didapat, dikarenakan kebutuhan alat-alat kesehatan tersebut sangat terbatas, sementara permintaan meningkat dan sangat besar.

“Untuk meningktakan kemampuan produksi alat kesehatan ini, kita tinggal mengkoordinasikan kemampuan dalam meproduksinya. Mereka juga melayani permintaan bantuan dari BNPB dan sudah masuk, kita juga minta agar Bogor juga bisa masuk,” imbuhnya.

(Piya Hadi)

banner 521x10

Komentar