oleh

Pemkot Bogor Dukung Pembangunan Kampung Labirin

INILAHONLINE.COM, BOGOR – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor sangat mendukung eksistensi dan kiprah positif dari komunitas-komunitas dengan berbagai latar belakang yang ada dalam menjalankan ide dan gebrakannya untuk kemajuan Kota Bogor. Salah satunya apresiasi itu diberikan kepada Komunitas Terminal Hujan yang mayoritas anggotanya justru banyak berasal dari luar Kota Bogor dan berkiprah di luar Kota Bogor.

Seperti disampaikan Plt. Wali Kota Bogor Usmar Hariman saat menghadiri undangan presentasi Kampung Labirin yang dilakukan Yayasan Terminal Hujan di Graha Pena, Jalan KH. Abdullah bin Nuh, Yasmin, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Jumat (22/06/2018), bahwa hakekatnya pemerintah harus hadir di tengah masyarakat bersama komunitas.

“Segala kekurangan dan kendala yang dihadapi komunitas memang seharusnya pemerintah bisa memberikan solusi, contohnya soal sarana prasarana yang mungkin bisa dengan memanfaatkan aset yang dimiliki pemerintah di lokasi atau kawasan dimana komunitas itu berkiprah,” ungkap Usmar.

Namun begitu, seperti halnya Komunitas Terminal Hujan dengan rencana Kampung Labirin terlebih dulu harus memiliki legal formalnya. Kemudian untuk mendapatkan dukungan sarana dan prasarana dari pemerintah, Usmar mengatakan, komunitas bisa mengusulkannya kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor dengan catatan adanya aset yang memang sekiranya tidak terpakai dan bisa dimanfaatkan.

“Silahkan usulkan kepada pemerintah daerah, sehingga status resminya bisa didapat. Jadi istilahnya, bisa pinjam pakai aset sepanjang Pemkot Bogor belum akan memanfaatkannya. Bahkan bila memang tidak akan dimanfaatkan, aset itu bisa dihibahkan kepada komunitas-komunitas yang ada,” jelas Usmar. (ian Lukito)

Komentar