oleh

Pemprov Jabar Hibahkan Motor Baca untuk 24 Kabupaten

INILAHONLINE.COM, BANDUNG

Untuk meningkatkan literasi di masyarakat , Pemprov Jawa Barat kembali membagikan fasilitas baru kepada 24 kabupaten dan kota, dalam bentuk perpustakaan keliling yang dinamakan Motor Baca.

Motor baca secara resmi diluncurkan di Gedung pakuan setelah kegiatan program TEPAS, langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Jumat (10/01/2020).

Motor Baca berupa kendaraan motor beroda tiga yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa dengan box berukuran besar yang didalamnya berisi buku-buku bacaan. “Ini kendaran hibah yang akan dibagikan masing-masing satu ke 24 kabupaten dan kota di Jawa Barat,” ujar Ridwan Kamil.

Ia mengatakan perlunya membagikan Motor Baca dengan tujuan untuk mempermudah masyarakat mendapatkan buku bacaan yang bermutu. Menurutnya, dengan mendatangi langsung masyarakat juga diperlukan mengingat kemungkinan masyarakat juga memiliki kesibukan dan sulitnya akses menjangkau perpustakaan di perkotaan.

Sementara itu Pustakawan Ahli Utama Perpustakaan Nasional Dedi Junaedi mengatakan Jawa Barat merupakan provinsi yang gencar dalam upaya peningkatan literasi masyarakat, sehingga pernah diganjar penghargaan dari Perpustakaan Nasional.

Ia juga menegaskan siap untuk menyalurkan buku ke program Kolecer, asalkan ada proposal yang diajukan. “Ada sekitar 250 judul buku yang siap disebarkan, termasuk buat kolecer,” tegasnya.

Sementara itu Ketua DPRD Jawa Barat Taufik Hidayat mengatakan DPRD siap menambah anggaran untuk peningkatan literasi di Jawa Barat. “Jika ada usulan dari gubernur maka kita siap untuk mengetok palu,” tegasnya.

(Frida)

Komentar