Pemprov Jateng Berikan Bantuan APD Kepada Wartawan Jateng

Berita, Jawa Tengah342 Dilihat

INILAHONLINE.COM, SEMARANG

Peran media massa dalam berupaya melawan Covid-19 di garga terdepan, meski dengan alat pelindung diri terbatas masih terus berjuang tanpa mengenal lelah, yang diharapkan informasi yang diberikan masyarakat mampu membuah hasil dalam pencegahan virus Covid-19.

Kondisi itu, sangat dipahami oleh Pemprov Jateng, sehingga mendapatkan perhatian serius dalam hal pengamanan dan kenyamanan kerja para wartawan yang meliput di lapangan, di tengah darurat Corona saat ini.

Pandangan ini senada dengan hasil pertemuan Dewan Pers dengan Kementerian Kominfo di Jakarta 3 April 2020, bahwa media massa akan terus berperan aktif dalam membantu upaya pemerintah membebaskan dari wabah Corona.

Bahkan dalam kesempatan itu, Dewan Pers sekaligus memberikan masukan agar pemerintah berkontribusi melindungi para wartawan peliput yang terus berjuang dalam sosialisasi pencegahan virus Corona.

Pemprov Jateng pada langkah awal mulai merealisasikan pemberian bantuan dengan menyalurkan paket sembako untuk pekerja media terdampak. Paket mulai diberikan pada Senin (6/4/2020).

“Petunjuk pak gubernur agar membantu masyarakat terdampak, termasuk pekerja media, maka hari ini mulai kami salurkan bantuan sembako,” ujar Kepala Biro Umum Setda Pemprov Jateng Edy Supriyanta.

 

Paket tersebut berisi bahan kebutuhan pokok seperti beras, telur, gula, minyak, dan mie instan. Namun secara jumlah memang tidak bisa dikatakan banyak.

“Selain kepada sejumlah wartawan di berbagai media, paket bantuan tersebut juga diberikan untuk wartawan peliput di Pemprov Jateng. Rencananya bantuan akan diberikan minimal tiga kali dalam tiga bulan,” tuturnya.

Bantuan yang lain yang diberikan adalah alat pelindung diri seperti masker dan hand sanitizer. Bantuan ini sedang dipersiapkan dan akan diberikan dalam beberapa hari ke depan.

“Kebutuhan masker sedang kami pesan semoga segera bisa dibagikan dalam waktu dekat, tuturnya.

Menanggapi langkah Pemrov Jateng tersebut, wartawan elshinta Hidayatullah menuturkan sangat terharu dan memberikan apresiasi yang tinggi.

“Kami sebagai wartawan selama ini konsisten pada profesi untuk terus memberikan informasi kepada masyarakat apapun situasinya, dan tidak mengharap imbalan apapun dari berbagai pihak. Maka kami terima kasih atas kepedulian Pemrov Jateng,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PWI Jateng Amir Machmud menuturkan bantuan Pemprov Jateng sangat dibutuhkan pekerja media. Bagaimanapun mereka adalah ujung tombak informasi untuk masyarakat, sehingga keamanan dan kesejahterannya harus terjamin.

“Seharusnya memang jaminan itu ada dari perusahaan media yang mempekerjakan. Tapi bantuan ini saya kira menjadi bukti nyata kepedulian Pemprov, terutama bapak gubernur. Nyata sekali beliau paham bahwa semuanya saat ini sedang berjuang dan memang harus bahu membahu demi kemanusiaan,” tuturnya.

Amir mengharapkan kepedulian yang sama ditunjukkan seluruh pemerintah daerah di Jateng.

“Bahkan tetdapat 10.000 pekerja media di Jateng yang meliput penanganan Covid-19 di kabupaten/kota. Tentunya bupati dan walikota bisa membantu keberadaan teman-teman dengan caranya masing-masing,” ujar Amir.

(Suparman)

banner 521x10

Komentar