Pendopo Dibuka untuk Umum, Wisatawan Antusias Mengenal Sejarah Kota Bandung

INILAHONLINE.COM, BANDUNG — Pendopo Kota Bandung kini telah dibuka untuk umum. Sesi pertama kunjungan ke Pendopo ini berlangsung Sabtu, 11 Mei 2024 mulai pukul 09.00 WIB dan mendapat sambutan positif dari masyarakat.

Lady, warga asal Kota Cimahi bersama suami dan putrinya berkesempatan menjadi pengunjung di sesi dan hari pertama. Ia mengaku senang mendapat kesempatan dan melihat langsung suasana dari ruang ke ruang di Pendopo.

“Lebih dari 40 tahun saya tinggal di Bandung sebelum pindah ke Cimahi. Setiap kali melintas, saya selalu terpesona sama bangunannya, tetapi belum bisa masuk. Jadi, senang sekali rasanya berkesempatan mengunjungi Pendopo,” tutur Lady.

Ia mengaku banyak mendapat informasi penting bagian sejarah Kota Bandung lewat bangunan Pendopo ini. Menurut Lady, kunjungan ke Pendopo ini sangat berkesan baginya dan keluarga.

“Saya juga suka suasana tamannya. Semuanya bersih, ditata dengan rapi,” terangnya.

Sementara itu, Figo dan Rizkia, mahasiswa asal Yogyakarta dan Cilegon juga mengaku senang dapat kesempatan sebagai pengunjung pertama ke Pendopo Kota Bandung. Mereka datang tak hanya berdua, melainkan juga dengan teman-teman lainnya sesama mahasiswa.

“Kita belajar sejarah tentunya. Masuk ke beberapa ruangan (Ruang Kenegaraan dan Ruang Arab) dan ke bangunan pendoponya itu,” ujar Rizkia.

“Kesan pertamanya tuh asri suasananya. Selebihnya karena saya memang suka dengan sejarah,” kata Figo menimpali.

Seperti diketahui, Pendopo Kota Bandung telah dibuka untuk umum setiap akhir pekan. Anda bisa melakukan reservasi kunjungan melalui situs web https://smartcity.bandung.go.id/form/reservasi-pendopo.

Adapun satu sesi kunjungan dapat menampung sekitar 25 orang. Nantinya, para pengunjung akan diarahkan mengenai seluk-beluk Pendopo Kota Bandung beserta sejarahnya oleh tim dari Tourist Information Centre (TIC) Disbudpar Kota Bandung.

Kepala Bagian Umum Setda Kota Bandung, Syukur Sabar menjelaskan, Pendopo akan dibuka setiap hari Sabtu dan Minggu sejak pukul 09.00—15.00 WIB. Ada empat sesi kunjungan, mulai dari pukul 09.00—10.00 WIB, 10.00—11.00 WIB, 13.00—14.00 WIB, dan 14.00—15.00 WIB.

“Masyarakat atau wisatawan bisa mengunjungi Pendopo untuk wisata sejarah Kota Bandung. Kunjungan dibuka pada Sabtu dan Minggu, selama tidak ada kegiatan besar di Pendopo,” kata Syukur.

Syukur menyebut, para wisatawan bisa mengunjungi beberapa area di Pendopo dan mempelajari sejarah dari Pendopo, yang telah menjadi bagian melekat dari perjalanan Kota Bandung.

“Bandung ini dikenal lewat sejarah dan juga beberapa gedung heritagenya. Jadi di sesi kunjungan ke Pendopo, wisatawan akan dipandu oleh tim dari Disbudpar,” ungkapnya.

Syukur berharap, dibukanya Pendopo Kota Bandung untuk kunjungan wisata dapat menarik minat masyarakat dan wisatawan untuk mengenal Kota Bandung dan sejarahnya.(Hilda)

banner 521x10

Komentar