oleh

Penuhi Kebutuhan Pangan, ACT Bogor Distribusikan Program BERISI di Ponpes Rumah Tahfidz Al Hijrah

INILAHONLINE.COM, RUMPIN-KAB BOGOR

ACT Bogor senantiasa peduli pada kebutuhan pangan para santri prasejahtera melalui program Beras untuk Santri Indonesia (BERISI). Pada Kamis (3/12), 250 kg beras didistribusikan ke Ponpes Rumah Tahfidz Al Hijrah yang beralamat di Jl. Kampung Ciherang RT 07/02, Sukamulya, Kec. Rumpin, Kab. Bogor, Jawa Barat. Tidak kurang dari 125 santri dan 20 pengajar & pengurus menjadi penerima manfaat.

Rumah Tahfidz Al Hijrah merupakan ponpes yang dirintis oleh Alm. Bang Tato. Beliau merupakan seorang mantan ketua gengster yang hijrah menjadi orang yang lebih baik, dan kemudian mendirikan Rumah Tahfidz ini. Ponpes yang baru berdiri kurang lebih satu tahun ini masih memiliki banyak keterbasan baik dari segi fasilitas (asrama, MCK, tempat belajar), maupun pemenuhan kebutuhan pangan santri.  

Catur Widodo selaku Kepala Cabang ACT Bogor menjelaskan bahwa tujuan dari program ini adalah untuk memenuhi kebutuhan dasar para santri berupa pangan. Menurutnya, jika kebutuhan dasarnya cukup, maka beraktivitas pun akan lebih lancar.

Dalam pemberian manfaat ini banyak melibatkan relawan-relawan tangguh dan masyarakat setempat. Mereka saling bahu membahu menurunkan beras yang akan dibagikan kepada para santri di Pondok.

“Kami sangat senang adanya bantuanya seperti ini, karena semenjak pandemik sudah jarang ada yang datang berkunjung ke sini.” Ujar Ahmad salah satu santri.


Ponpes ini tidak memungut biaya sepeser pun untuk santrinya, karena mayoritas santri berasal dari keluarga Dhuafa, dan Yatim/Piatu. Semata juga karena orang tua mereka tidak sanggup untuk membiayai kehidupan anaknya.

Ustadzah Nurma selaku pengurus ponpes bercerita bahwa ponpes ini pernah libur selama kurang lebih 3 bulan karena mereka tidak memiliki pasokan pangan untuk dikonsumsi santri. Akhirnya, para santri dianjurkan untuk pulang hingga kondisi di ponpes sudah stabil kembali. Dengan adanya beras dari program BERISI, InsyaAllah kebutuhan pangan santri dapat terpenuhi selama beberapa bulan ke depan.


Dalam hal ini ACT Bogor berharap terus bersinergi dengan banyak Pondok pesantren dan mengajak Sahabat Dermawan untuk membantu para santri dengan program BERISI ini tidak hanya Ponpes Rumah Tahfidz Al Hijrah, tapi target kami sampai ke plosok tepian Bogor. (CJ/SNMD-ACT Bogor)

Komentar