Penyebar Kebencian Pada Ganjar Ditangkap

INILAHONLINE.COM, PATI – Tiga orang pelaku penebar kebencian pada Calon Gubernur Jateng Ganjar Pranowo ditangkap di Pasar Tambakromo Pati, Jumat (20/4/2018). Pelaku saat ini masih diamankan di Kantor DPC PDIP Pati.

Ketua Gerakan Nelayan Tani Indonesia (GANTI) Pati Nurhadi mengatakan, pihaknya menangkap pelaku ketika menyebarkan selebaran berisi tulisan bahwa Ganjar menerima uang EKTP. Penangkapan dilakukan oleh salah seorang warga kemudian dilaporkan kepada kader PDIP dan GANTI. “Mereka menyebarkan kepada pedagang, ini lho pak Ganjar korupsi begitu kalimatnya,” katanya.

Pelaku penyebaran yang ditangkap yakni Ahmad Sukar bin Sarwi (53), buruh, alamat Desa Pakis RT 4 RW 3 Kecamatan Tayu; Prasetyo Utomo bin Sumarno (39)alamat Desa Pakis RT 3 RW 3 Kecamatan Tayu, dan Ngarbi bin Sarwi (50), petani, alamat Desa Pakis RT 1 RW 3 Kecamatan Tayu, Pati.

Begitu ditangkap, mereka langsung diinterogasi dan telah mengakui perbuatannya. “Ada tujuh orang sebenarnya tapi yang tertangkap cuma tiga, semua pakai motor,” kata Nurhadi.

Dari keterangan, ketiganya mengakui menyebarkan selebaran mulai pukul 07.00. Baru setengah jam menyebar, mereka ditangkap seorang warga bernama Wahong warga Desa Karaban, Gabus, kemudian dibawa ke Kantor Desa Karaban.

Penyebaran tersebut diakui pelaku atas perintah seseorang bernama Mur warga Semarang. Mur bertandang ke rumah pelaku pada Kamis tanggal 19 April 2018 pkl 16.30.

Untuk menyebarkan selebaran itu, pelaku diberi imbalan uang antara Rp 75 ribu dan Rp 100 ribu. Pelaku diberi jatah 8 rim selebaran untuk disebar di Pasar Kayen dan Pasar Karaban.

Saat ini pelaku dibawa di Kantor DPC PDIP Pati untuk diamankan. Menurut Nurhadi, para kader dan relawan sangat marah dan menanti ketegasan penegak hukum untuk memproses pelaku.

“Panwaslu sudah saya hubungi tapi mereka birokratis banget, menunggu sidang gakkumdu katanya tapi kalau pelaku dilepas kan percuma, kader bisa marah malah digebuki bisa mati,” kata dia. (Suparman)

banner 521x10

Komentar