oleh

Peran Perempuan Dalam Membangun Karakter Demokrasi Masyarakat Desa

INILAHONLINE.COM, MAGELANG — Istri kepala desa mempunyai peran penting dalam membangun demokrasi di pedesaan, karena istri kepala desa menjadi tokoh panutan bagi warganya. Untuk itu, istri kepala desa harus mampu mendukung peran suami dalam membangun karakter masyarakat.

“Istri kepala desa, jangan hanya bisa masak dan bersolek, tetapi harus mampu mendukung peran suami dalam melaksanakan program kerja di desa, termasuk membangun demokrasi di kalangan masyarakat,” kata anggota Komisi V DPR RI, Ir Sudjadi pada sosialisasi empat pilar kebangsaan, di Grand Artos Hotel Magelang, Selasa (23/11-2021).

Nara sumber pada sosialisasi empat pilar kebangsaan dengan tema ‘peran istri kepala desa mendukung tugas dan prestasi suami sebagai kepala desa dalam musyawarah dan mufakat’ tersebut, adalah drg Retna Arimurti Sudjadi MM.

Menurut Sudjadi, istri Kades harus mendukung tugas suami agar desanya maju dan berprestasi, dan kemajuan berimbas pada meningkatkan ekonomi masyarakat. “Saya ingin desa di Kabupaten Magelang ada yang bisa dibanggakan,” kata politisi PDIP, Ir Sudjadi di hadapan sekitar 30 orang istri Kades tersebut.

Sementara drg Rektna Arimurti Sudjadi menambahkan, ibu kepala desa itu punya peran penting untuk mendukung suami agar bisa berprestasi, karena Kades punya wewenang penuh ditingkat desa. Maka sebagai pendamping kades, harus mampu untuk ikut memperjuangkan pembangunan desa.

“Yang lebih penting lagi, istri kepala desa selain mendukung suami, harus bisa menjaga martabat suami. Ibu Kades harus bisa tampil sederhana saat terjun dan berkomunikasi dengan warga,” pintanya.

Selain mendukung suami dalam pembangunan desa, istri Kades diminta bisa membangun mental warga, terutama generasi muda agar berkarakter dengan baik, terutama untuk mendukung kemajuan desa di segi kemajuan teknologi informasi.

Melalui peran ibu Kades dalam pelaksanaan pembangunan, jelas menambah amunisi atau semangat kepala desa, dan warga juga akan semakin senang, karena tidak hanya kepala desa yang bergerak membangun desanya, tetapi juga istri kepala desa ikut berperan aktif mendukung dan membangun desa dengan cara melakukan silaturrahim dengan warga.

“Warga semakin senang jika Kades dan bu Kades bergerak ke masyarakat membangun komunikasi yang baik dengan warga. Bagaimana cara membangun desa yang baik, adalah dengan meningkatkan ekonomi warga secara baik dan menuju kesejahteraan,” ujarnya. (ali subchi)

Komentar