Perangi Covid-19, Pramuka Kwarcab Kabupaten Bogor Bagikan Masker dan Bersihkan Masjid

Berita, Megapolitan367 Dilihat

INILAHONLINE.COM, CIBINONG

Perang melawan Covid-19 di Kabupaten Bogor, bukanlah tanggunjawab pemerintah semata, tapi butuh dukungan semua elemen masyarakat baik perorangan, organisasi sampai korporasi.

Di Kecamatan Cibinong, gerakan memerangi pencegahan penularan Covid-19 terus digaungkan. Hal ini dilakukan, karena Cibinong menjadi kecamatan yang masuk zona merah, lantaran banyak warga terinfeksi virus yang belum ditemukan vaksinnya itu.

Aksi sosial Pramuka peduli di saat pandemik Covid-19 ini diapresiasi oleh Ketua Kwarcab Kabupaten Bogor Didi Kurnia. “Gerakan mensosialisasikan jaga jarak dan menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah harus terus digaungkan, karena masih ada masyarakat yang kurang peduli,” katanya.

Didi pun menunjukan rasa salutnya, karena di tengah pandemi ini banyak sekali elemen masyarakat Cibinong bergotong royong membantu mereka yang terdampak langsung Covid -19.

“Saya perhatikan kalau jelang buka puasa, seperti di Jalan Tegar Beriman, banyak pengguna kendaraan membagikan nasi bok kepada pedagang asongan dan pengemudi ojek online (Ojol),” ungkapnya.

Didi berharap, gerakan positif membantu sesama yang membutuhkan tak terhenti usai Ramadhan, tapi berlanjut sampai masa pandemi Covid -19 berakhir. “Kita belum tahu kan wabah ini kapan berakhirnya, makanya untuk membantu masyarakat terdampak, kita akan gaungkan terus semangat membantu sesama yang lemah,” tutupnya.

 

Selanjutnya, andalan Pramuka peduli Kwartir cabang Kabupaten Bogor Doris Sundari mengatakan, perang melawan Covid-19 memang bukan benar tugas pemerintah daerah, tapi seluruh masyarakat. “Nah, apa peran yang bisa dilakukan masyarakat mendukung perjuangan pemerintah melawan Covid-19, caranya dengan diam di rumah,” katanya di Cibinong, Minggu (10/05).

Doris menambahkan, sejak pandemi Covid-19 ditindaklanjuti dengan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), anggota Pramuka bersama unsur organisasi lainnya di bawah koordinasi Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19, gencar mensosialisasikan aturan jaga jarak dan mengajak masyarakat agar menggenakan masker, saat beraktivitas keluar rumah.

“Alhamdulillah kita mendapatkan bantuan APD dan alat semprot masker kain cukup banyak. Masker itu kita bagikan kepada masyarakat dan pengguna jalan Sabtu pekan lalu berbarengan dengan pembagian makanan pembuka puasa,” ujarnya.

Doris lebih lanjut mengatakan, di masa pandemi ini, anggota Pramuka pun bersama masyarakat membersihkan masjid. “Masjid itu kita bersihkan dengan cara disemprot disinfektan,” ujarnya.

Selanjutnya, untuk mendukung kegiatan Pramuka peduli, mantan Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Bogor Asep Engkus Sutisna yang kini menjabat kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jawa Barat juga mengirimkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dan alat semprot desinfektan.

“Rencana aksi sosial dan mengedukasi masyarakat, agar disiplin di masa pandemi dengan mematuhi imbauan pemerintah akan terus dilakukan, karena kita belum tahu sampai kapan kurva dari Covid -19 ini grafiknya menurun,” katanya.

(Basir)

banner 521x10

Komentar