oleh

Perayaan HPN Brebes Digelar di Pantai Pulau Cemara

INILAHONLINE.COM, BREBES

Puluhan jurnalis atau wartawan di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, menggelar resepsi Hari Pers Nasional (HPN) yang ke-74 tahun 2020, di Objek Wisata Pulau Cemara, Desa Sawojajar, Kecamatan Wanasari, Brebes. Minggu (9/2/2020).

Acara ini digagas oleh Silaban (65) wartawan senior Brebes sekaligus Pemred Teameksposeonline.com, Masfui, MH, S.Pi selaku Ketua Pokdarwis Wisata Pantai Pulau Cemara (WPPC), serta Ali Fahmi (45) anggota Pokdarwis yang juga salah satu jurnalis Mitrakamtibmas.com.

Hadir dalam acara HPN ini antara lain Ketua PWI Brebes Eko Saputro, Bupati Brebes diwakili Staf Ahli Bidang Kesra Drs. Masfuri, MM serta Muspika setempat.

Masfui, MH, S.Pi selaku Ketua Pokdarwis WPPC (kemeja kuning), meminta kepada media untuk memperkenalkan objek wisata yang telah dirintasnya bersama masyarakat setempat sejak tiga tahun lalu (2017).

“Kami mengucapkan terima kasih kepada media yang telah membantu memperkenalkan Wisata Pantai Pulau Cemara kepada publik. Inilah salah satu peranan media sosial yang harus kita apresiasi,” ucapnya.

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan secara singkat bahwa sampah-sampah yang terdapat di pantai Pulau Cemara, berusaha sekuat tenaga dimanfaatkan sebagai hiasan pantai, tentunya setelah diberikan sentuhan karya seni.

“Sampah-sampah kiriman dari sungai yang terdampar di Pantai Pulau Cemara, kami jadikan sebagai tempat selfie bagi para pengunjung, tentunya setelah di improvisasi menjadi karya seni dan dilukis,” tambahnya.

Ia juga mengupas sedikit tentang manfaat dari pohon bakau di mangrove pantai. Untuk akar sepanjang 2 centimeter dipercaya mampu menambah kejantanan pria, sedangkan daunnya dapat menghentikan pendarahan luar jika dikunyah dan dioleskan.

“Disini juga sering digunakan sebagai tempat berkemah bagi pelajar, ada wisata pemancingan air tawar (Ikan nila dan lele) walaupun di tengah-tengah laut. Yang unik adalah, wisatawan akan naik perahu kurang lebih 30 menit untuk mengakses pantai,” pungkasnya.

Tak lupa dirinya mengajak kepada masyarakat Kabupaten Brebes agar tidak membuang sampah di sungai karena endingnya adalah mencemari muara/pantai beserta ekosistemnya. Sedangkan bagi para pengunjung, diharapkan membuang sampah pada tempatnya. Ia juga berharap agar kegiatan-kegiatan pembersihan lingkungan diadakan di Pantai Pulau Cemara, terlebih saat hujan. Ini karena pantai bertebaran sampah walaupun rutin dibersihkan.

Ketua PWI Brebes, Eko Saputro (kemeja biru), mengungkapkan bahwa tugas dan tanggung jawab media adalah selaku kontrol sosial, membantu Pemda dan segenap unsur di Kabupaten Brebes guna terciptanya pembangunan.

“Saya berharap, di Kabupaten Brebes wartawan seperti kakak-adik dengan Pemda maupun unsur lainnya, karena peran media adalah sebagai informasi, kontrol dan perekat sosial,” ucapnya.

Eko juga menitip pesan agar rekan-rekan jurnalis segera Uji Kompetensi Wartawan (UKW), untuk meningkatkan profesionalitas dari seorang jurnalis. Pasalnya, saat ini UKW dipermudah dengan ijazah minimal SMA sederajat, dulunya minimal S1.

Bupati Brebes, Hj. Idza Priyanti, SE, MH melalui Staf Ahli Bidang Kesra, Drs. Masfuri, MM (topi coklat), juga mengucapkan selamat HPN kepada insan pers di Brebes khususnya dan tanah air umumnya. Hari jadi tersebut merupakan hari jadinya juga masyarakat dalam menerima keterbukaan informasi publik.

“Saya berharap dengan bertambahnya usia Pers Nasional, rekan-rekan wartawan se-Kabupaten Brebes khususnya kedepan akan menyuguhkan informasi yang jujur, faktual dan aktual, serta berimbang dengan klarifikasi sehingga tidak merugikan pihak yang diberitakan,” ungkapnya.

Bupati juga mengapresiasi para media yang telah membantu mempromosikan potensi-potensi wisata di Brebes, termasuk di Sawojajar.

“Peran pers sangat dominan dalam mengeksplorasi potensi wisata guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sektor jasa,” imbuhnya.

(Aan)

Komentar