oleh

Perayaan Nataru, Lapas Semarang Tetap Siaga Dan Berikan Pelayanan Maksimal

INILAHONLINE.COM, SEMARANG — Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang menggelar Apel Siaga untuk persiapan pengamanan perayaan Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru) di lingkungan Lapas.

Kegiatan ini menjadi penegasan komitmen jajaran Lapas Semarang untuk menjaga kelancaran serta antisipasi potensi gangguan keamanan dan ketertiban (Kamtib) selama perayaan Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022.

Apel yang dipimpin langsung oleh Kalapas Semarang Supriyanto berlangsung di aula “Joglo Ageng” Lapas Semarang, Selasa (21/12).

Ada 3 butir Deklarasi Apel Siaga yang diucapkan oleh seluruh peserta terdiri mempertahankan keutuhan NKRI, menjaga situasi keamanan dan ketertiban serta kedamaian perayaan Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022 jajaran Unit Pelaksana Teknis Kantor Wilayah Jawa Tengah, serta menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama.

Kalapas Semarang mengatakan penerapan butir deklarasi tersebut meminta seluruh pegawai untuk semaksimal mungkin mencegah terjadinya gangguan kamtib.

“Kita harus benar-benar siaga untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan terjadi, apalagi dalam situasi Natal dan Tahun Baru,” ujar Supriyanto.

Dia juga mengingatkan Pandemi Covid-19 masih ada, jadi harus tetap waspada dan disiplin untuk menjaga protokol kesehatan.

Kalapas juga memerintahkan untuk selalu menjaga keamanan sekaligus menegakkan toleransi beragama.

“Untuk meningkatkan keamanan, kami tambahkan personil dari pegawai staf untuk membantu petugas pengamanan dalam mencegah gangguan kamtib,” tuturnya.

Rencananya Lapas Semarang akan tetap membuka layanan pengiriman makanan bagi narapidana serta layanan kepada masyarakat. Dengan tujuan bahwa keamanan tetap dijaga, namun toleransi terhadap umat beragama yang akan merayakan Natal dan Tahun Baru tetap diberikan dengan maksimal.

Bahkan Kalapas melarang seluruh pegawai untuk cuti selama liburan Natal dan Tahun Baru, selain melarang pengeluaran WBP tanpa Standar Operasional Prosedur (SOP) yang jelas.(Suparman)

banner 521x10

Komentar