oleh

Pelaksanaan Percepatan Vaksinasi Covid-19 Di Kota Bogor

DALAM rangka susksesnya pelaksanaan vaksinasi Covid-19 secara nasional, serta strategi percepatan pelaksanaanvaksinasi Covid-19,  maka telah di lakukan berbagai upaya untuk mensukseskan vaksinasi demi terbentuknya herd immunity bagi masyarakat di Kota Bogor dan melindungi masyarakat Kota Bogor dari Covid-19 agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi. Langkah kebijakan Dinas Kesehatan Kota Bogor, adalah sebagai sebagai berikut :

  1. Pembentukan sentra vaksin untuk vaksinasi massal di tempat-tempat strategis, yaitu di Gedung Puri Begawan, Mall Boxies, Botani Square, Mall Ekalokasari, Mall Jambu Dua dan Gedung Braja Mustika.  Selain sentra tersebut, dibentuk juga sentra vaksin di wilayah, antara lain kantor kecamatan, kantor kelurahan, gedung sekolah dan vaksin mobile. Tercatat ada 20 sentra vaksin massal yang di gunakan untuk mempercepat pemberian vaksinasi Covid-19. 
  2. Mekanisme pendaftaran peserta vaksinasi adalah melalui link pendaftaran di media sosial, atau melalui RW/RT/Kader di wilayahnya.
  3. Pemberian vaksinasi Covid-19 untuk remaja, terutama anak sekolah dilaksanakan di beberapan sentra vaksin di sekolah.
  4. Pemberian vaksinasi Covid-19 khusus untuk disabilitas di beberapa sentra vaksin.
  5. Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) tetap melaksanakan jadwal vaksinasi di tempat, untuk sasaran lansia, masyarakat umum diwilayahnya dan ibu hamil.

Didalam melaksanakan kegiatan vaksinasi, terutama di sentra besar, Dinas Kesehatan Kota Bogor bekerjasama dengan Puskesmas, Rumah Sakit, Klinik serta organisasi Ikatan Bidan Indonesia (IBI) dan Ikatan Dokter Indonsia (ID)I dalam penyediaan tenaga kesehatan.  Untuk tenaga pendukung Dinas Kesehatan Kota Bogor bekerjasama dengan Tim Walet Pramuka, Sakti Bakti Husada (SBH) dan  duta kesehatan

Selain itu, untuk terwujudnya koordinasi serta pengendalian pada lokasi pelaksanaan vaksinasi, Pemerintah Kota Bogor mengambil peran dengan membentuk pendampingan percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19, yang terdiri dari Kepala Dinas/Badan sebagai Direktur, Seorang Kepala Bidang (Kabid) sebagai Wakil Direktur Administrasi, seorang Pejabat Struktural (PIC) sebagai Wakil Direktur Medis ,dan seorang pejabat struktural wilayah sebagai Wakil Direktur Mobilisasi. Ada 6-8 orang stafnya dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing masing untuk membantu input data kedalam Pcare.

Percepatan vaksinasi juga di lakukan oleh TNI/POLRI dengan membuka beberapa sentra vaksin, antara lain di Yonif 315, Mapolresta, di klinik Denkesyah, gedung DPRD dan vaksin keliling

Sasaran vaksinasi Covid-19 masyarakat Kota Bogor adalah sebanyak 819.444 orang.  Saat ini hingga tanggal 19 Agustus 2021, capaian vaksinasi Covid 19, adalah sebanyak 421. 360 orang (51,4%)  dan sisa sasaran yang belum di vaksin masih  398.084 orang (48,6 %)

Target tercapai diperkirakan pada bulan September dengan sasaran vaksinasi sebanyak 15.000 orang/hari, terbagi dalam : Untuk vaksin Sinovac terjadwal untuk ibu hamil di Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes)

Untuk vaksin Astra Zeneca terjadwal untuk masyarakat umum di sentra besar, untuk vaksin Sinopharm terjadwal untuk para disabilitas, dan untuk vaksin Moderna terjadwa luntuk dosis ke 3 tenaga kesehatan.

#VaksinLindungiKita

#TetapLaksanakan5M

(Advetorial)

Komentar