Peringatan Hari Peduli Kanker Payudara, Bima Arya dan Yane Ardian Cek Pelaksanaan IVA Test dan Sadanis

Berita, Megapolitan105 Dilihat

INILAHONLINE.COM, BOGOR — Peringatan Hari Peduli Kanker Payudara sedunia yang diperingati setiap 26 Oktober 2022 disambut dengan kegiatan pemeriksaan gratis bagi warga dalam rangkaian peringatan hari peduli kanker payudara tingkat Kota Bogor.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Dinas Kesehatan Kota Bogor telah menerbitkan surat edaran (SE) No.443/5455-P2P tentang penyelenggaraan bulan peduli kanker payudara pada 9 Oktober 2022, yang menyatakan pada satu bulan penuh sejak 10 Oktober 2022 hingga 10 November 2022 puskesmas melaksanakan kegiatan deteksi dini terhadap kanker payudara melalui kegiatan Sadanis (pemeriksaan payudara klinis) dan deteksi dini terhadap kanker leher rahim melalui kegiatan IVA test (Inspeksi Visual Asam Asetat).

Pada momentum peringatan hari peduli kanker payudara sedunia tingkat Kota Bogor, Wali Kota Bogor, Bima Arya bersama Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kota Bogor yang juga Ketua Tim Penggerak PKK kota Bogor, Yane Ardian, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor, Sri Nowo Retno beserta aparatur wilayah, Senin (24/10/2022), mendatangi beberapa puskesmas untuk melakukan pengecekan dan tinjauan langsung pelaksanaan bulan peduli kanker payudara.

Di lokasi tinjauan pertama di Puskesmas Tanah Sareal, di Jalan R.M. Tirto Adhi Soerjo, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Bima Arya langsung mengecek daftar hadir warga yang melakukan pemeriksaan Sadanis dan IVA.

Kemudian Bima Arya dan Yane Ardian mengunjungi ruang tunggu dan sempat masuk ke ruang pemeriksaan setelah warga sudah selesai melaksanakan pengecekan

Di sana Bima Arya pun melihat dan mendengarkan penjelasan dari dokter mengenai pemeriksaan dan edukasi yang diberikan kepada warga yang mengikuti tes IVA dan Sadanis.

Kanker payudara dan leher rahim ini kata Bima Arya, merupakan kasus kanker yang tingkat kematiannya cukup tinggi di Kota Bogor.

Untuk itu kata dia, Pemkot Bogor secara rutin memberikan edukasi dan sosialisasi dan pemeriksaan agar warga memahami bahwa penting sekali untuk melakukan deteksi dini.(ian Lukito)

banner 521x10

Komentar