oleh

PERPAMSI Beri Perhagaan Award 2021 Kepada Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor

INILAHONLINE.COM, BOGOR – Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia  (PERPAMSI) memberikan penghargaan kepada Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Pakuan Kota Bogor kategori Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Air Minum Sehat dengan Inovasi Teknologi Informasi.

 “Penghargaan tingkat nasional yang diraih Perumda Tirta Pakuan dari PERPAMSI itu sebagai salah satu PDAM atau perusahaan air minum yang mengembangkan IT (Information Technology) untuk operasional di perusahaan,” kata Direktur Utama Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor, Rino Indira Gusniawan dalam keterangan tertulisnya kepada media

Menurutnya, selama tiga tahun ini Perumda Tirta Pakuan telah  mengembangkan IT di Perumda Tirta Pakuan untuk membantu operasional. Tujuannya hanya satu, memberikan pelayanan air minum lebih baik untuk pelanggan Perumda Tirta Pakuan.

 “Penghargaan inovasi teknologi Perumda Tirta Pakuan itu langsung diterima Wali Kota Bogor, Bima Arya saat Musyawarah Antar Perusahaan Air Minum Nasional (Mapamnas) XIV PERPAMSI di The Sunan Hotel Solo, Rabu pada 8 Desember 2021 lalu,” ungkapnya.

Menurut Rino, Pemerintah (Pemkot) Kota Bogor mendapat kebanggan dari pengembangan dan penerapan IT terintegrasi dari Perumda Tirta Pakuan itu melalui lima program pembangunan dan pengembangan guna mempermudah monitoring pelayanan dan gangguan pada Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM).

Penghargaan inovasi teknologi Perumda Tirta Pakuan itu langsung diterima Wali Kota Bogor, Bima Arya saat Musyawarah Antar Perusahaan Air Minum Nasional (Mapamnas) XIV PERPAMSI di The Sunan Hotel Solo, Jawa tengah.

“Kelima program yang dimaksud adalah, pembangunan Ruang Command Center, pengembangan Geographic Information System (GIS), pengembangan Environmental Protection Agency Network (EPANET), pengembangan Supervisory Control and Data Acquisition (SCADA) dan pengembangan Enterprise Resource Planning (ERP) Terintegrasi,” jelasnya.

Lebih lanjut mantan Direktur Umum (Dirum) Perumda Tirta Pakuan itu juga mengatakan, bahwa pihaknya telah mengembangkan Geographic Information System (GIS). Jadi semua infrastruktur atau aset-aset pipa kita telah terdokumentasi di dalam GIS.

“Jadi kita bakal tahu tuh berapa kilometer pipa yang ada di Kota Bogor, jalurnya kemana saja dan yang lainnya. Kita juga mengembangkan Enterprise Resource Planning (ERP) terintegrasi untuk manajemen sistem di dalamnya,” paparnya.

Masih kata Rino, selain itu Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor juga terus mengembangkan aplikasi SIMOTIP (Sistem Informasi Mobile Tirta Pakuan) yang menghubungkan dengan pelanggan, beberapa fitur di antaranya pembacaan meter mandiri, pendaftaran sambungan baru, menyampaikan keluhan dan pengecekan tagihan air.

“Pengembangan aplikasi ini terus dilakukan agar pelanggan mendapatkan pelayanan terbaik, sehingga terintegrasi semua sistem itu menjadi bagian dari sistem IT yang kita miliki di Perumda Tirta Pakuan,” imbuhnya. (Humas Tirta Pkuan / PH))

banner 521x10

Komentar