Perubahan RPJMD 2015-2019 Lebih Fokus dan Terukur

Megapolitan380 Dilihat

InilahOnline.com (Kota Bogor) – Adanya kebijakan dan regulasi baru di tingkat Nasional serta diperlukannya penyempurnaan konsep dan subtansi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJDM), mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melakukan revisi RPJMD 2015-2019. Pada RPJMD lama Perda Nomor 6 tahun 2014 tertuang 6 Misi, 25 Tujuan, 73 Sasaran dan 245 Indikator Sasaran. Sementara pada rancangan perubahan RPJMD 2015-2019 dikerucutkan menjadi 6 Misi, 8 Tujuan, 23 Sasaran dan 41 Indikator Sasaran.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Ade Sarip Hidayat mengatakan, tujuan dari penyusunan perubahan RPJMD 2015-2019 ini sebagai penyelarasan indikator sasaran dan indikator program agar lebih terukur dan berorientasi terhadap hasil. Maka, yang perlu disepakati dalam membuat indikator tidak perlu muluk-muluk karena malah menjadi tidak bisa diukur.

“Harus dipikirkan manfaat dari kegiatan jangan sampai membuat kegiatan yang hasilnya belum jelas,” terangnya.

Ia menuturkan, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Bogor pada 2016 berada di angka 74,5 masuk peringkat lima di Provinsi Jawa Barat setelah Kota Cimahi. Peningkatan IPM Kota Bogor ini cukup signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. Meski begitu, angka rata-rata lama sekolah di Kota Bogor masih diangka 10,5 tahun yang berarti masih ada anak yang tidak lulus SMA.

“Target Pemkot Bogor harapan lamanya sekolah 13 tahun. Jadi yang harus di dorong kedepan program non fisiknya, bukan hanya fisik,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bogor Erna Hernawati menambahkan, RPJMD yang lama ada beberapa kegiatan yang sulit diukur, maka pada perubahan RPJMD yang sekarang ini sekalipun sedikit tetapi lebih fokus, berkualitas, terukur dan layak diperjanjikan.

“Rancangan Perubahan RPJMD 2015-2019 ini sudah harus disampaikan kepada DPRD Kota Bogor untuk ditetapkan menjadi Perda selambatnya minggu ke-2 September,” katanya. (Piyarso Hadi)

 

Untuk diketahui 6 Misi Kota Bogor yakni :
Misi 1 : Mewujudkan Bogor kota yang cerdas dan berwawasan teknologi informasi.
Misi 2 : Mewujudkan Bogor kota yang sehat dan makmur
Misi 3 : Mewujudkan Bogor kota uang berwawasan lingkungan
Misi 4 : Mewujudkan Bogor kota berorientasi pada kepariwisataan dan ekonomi kreatif
Misi 5 : Mewujudkan Birokrasi pemerintahan yang bersih dan transparan
Misi 6 : Mengokouperan moral keagamaan dan kemanusiaan untuk mewujudkan masyarakat madani

banner 521x10

Komentar