Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor Bantu Suplai Air Di Empat Wilayah Kabupaten Bogor Untuk Perkuat Kerjasama

INILAHONLINE.COM, BOGOR – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Pakuan Kota Bogor membantu Suplai Air di Empat Wilayah Kabupaten Bogor Dalam Memperkuat Kerjasama. Hal itu terungkap ketika Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor menjalin kerjasama dengan Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor dalam bidang pelayanan air bersih di keduawilayah.

“Kerjasama antara Perumda Tirta Pakuan dengan Perumda Air Minum Tirta Kahuripan ini untuk menguatkan hubungan kedua penyedia air di Bogor. Hal itu dilakukan setelah adanya kesepakatan antara keduanya,” ungkap Direktur Teknik (Dirtek) Perumda Tirta Pakuan Ardani Yusuf

Menurut Ardani Yusuf, ada tiga hal yang disepakati, salah satunya membahas penguatan tentang hal-hal yang bersinggungan antara keduanya terkait, air curah, pelanggan dan inventaris batas wilayah.b Adapun salah satu fokus dalam perjanjian kerjasama tersebut, yakni air curah, pelanggan dan inventaris di wilayah persinggungan atau perbatasan wilayah Kota Bogor dan Kabupaten Bogor

“Terkait pelanggan mislanya, dari catatan kita ada 16 ribu warga kabupaten Bogor yang jadi pelanggan Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor. Disisi lain, ada 3 ribuan warga Kota Bogor yang menjadi pelanggan Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor,” kata Ardani Yusuf kepada wartawan, Kamis (16/2/2022)

Kerjasama antara dua Perumda Air Minum itulah yang mendasari tiga pembahasan kesepakatan yang dibuat antara keduanya, diantaranya soal pembelian air. Ada jalur instalsi Perumda Tirta Pakuan yang tengah diajukan oleh Perumda Tirta Kahuripan untuk mendapat aliran air.
“Tak kurang dari empat titik lokasi sudah diajukan oleh Perumda Air Minum Tirta Pakuan Kabupaten Bogor kepada Tirta Pakuan Kota Bogor,” beber Ardani Yusuf
Salah satu titik lokasi adalah untuk warga di Perumahan Summarecon, karena mereka coba mengajukan 50 liter per detik dari Sistim Pelayanan Air Minum (SPAM) milik Tirta Pakuan di Katulampa.
“Jadi kita tinggal sipakan pipa reservoir-nya. Selain itu, kita siapkan juga water meter dahn mereka mengambil. Nah, yang dibayarkan oleh mereka berdasarkan meter induknya sebagai meter utama,” imbuh Ardani Yusuf.
 
 Nota Kesepahaman

Sebelumnya Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor telah menjalin kerjasama dengan Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor dalam bidang pelayanan air bersih di kedua wilayah.
Penandatanganan Nota Kesepahaman berlangsung di ruang rapat Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabuaten Bogor, Cibinong, Jumat (10/6) oleh Direktur Utama (Dirut) Tirta Pakuan Kota Bogor Rino Indira Gusniawan dan Dirut Tirta Kahuripan Cibinong Yuliansyah Anwar

Ada tiga poin cakupan kerjasama yang tertuang dalam MoU ini, yaitu kajian mengenai rencana jual beli air curah. Kedua, kajian mengenai inventarisasi jalur pipa di wilayah perbatasan Kota dan Kabupaten Bogor. Ketiga, kajian mengenai kerjasama pusat pelatihan (training center) pelayanan air minum.

 Direktur Utama Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor Rino Indira menyebutkan, kerjasama ini merupakan upaya nyata kedua perusahaan air minum untuk memberikan solusi perbaikan pelayanan warga, terutama masyarakat di daerah-daerah perbatasan kedua kota.
 
“Mudah-mudahan permasalahan-permasalahan pelayanan air minum di daerah-daerah perbatasan Kota dan Kabupaten Bogor bisa segera terselesaikan,”ujar Rino usai penandatanganan MoU.
 
Selain itu Rino juga meyakini, kerjasama ini dapat menjadi momentum untuk membesarkan dan menguatkan perusahaan air minum di Indonesia. “Kerjasama ini menjadi solusi untuk permasalahan layanan air minum yang terjadi di hampir seluruh wilayah di tanah air,”sebut Rin
 
Hadir dalam kegiatan penandatangan MoU ini Dewan Pengawas Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor Dodi Rosadi, Direktur Umum Tirta Pakuan Rivelino Rizky, Direktur Teknik Ardani Yusuf dan sejumlah pejabat struktural.
 
Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor saat ini menjadi salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Air Minum terbaik di Indonesia berdasarkan laporan kinerja BUMD Air Minum yang dikeluarkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) 2021. Berdasarkan laporan tersebut, Tirta Pakuan Kota Bogor juga masuk kategori PDAM sehat di Indonesia. (PH)

banner 521x10

Komentar