oleh

Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor Berupaya Cepat Dalam Normalisasi Pasokan Air Pasca Perbaikan Pipa

INILAHONLINE.COM, BOGOR – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Pakuan berupaya gerak cepat dalam normalisasi (Pemulihan-red) pasca perbaikan pipa di Caringin yang sempat mengganggu pasokan air untuk pelanggan zona 1.

Perbaikan pipa bocor ACP 21″ di Jalan Raya Ciawi-Sukabumi Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor tuntas pada Rabu malem (19/5/2021) kemqarin membuat Perumda Tirta Pakuan menghentikan sementara pasokan air ke zona yang terdampak perbaikan tersebut.

Menurut Direktur Teknik (Dirtek) Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor Ardani Yusuf melalui Manager NRW & Transmisi Distribusi Nasrul Zahar, petugas langsung fokus memulihkan sistem pengaliran zona 1 setelah membuka pasokan air dari Sumber Air Tangkil.

“Proses recovery jaringan ini diupayakan cepat dan efektif agar pasokan air ke pelanggan bisa normal kembali, karena proses pemulihan jaringan ini membutuhkan waktu 4-7 hari hingga pasokan kembali pulih,” jelasnya.

Dikatakan Nasrul, ada pertanyaan dari masyarakat, apakah saat proses pemulihan pasokan air benar-benar mati atau tidak? Pihanya menjawab dan menjelaskan, bahwa selama pemulihan pasokan air tidak mati. Karena pasokan air dari Mata Air Tangkil sudah kami buka ketika perbaikan pipa selesai.

“Tapi air yang ada di dalam pipa itu terhadang udara yang masuk saat proses perbaikan. Nah udara ini yang harus kita buang pelan-pelan,” terangnya.

Nasrul juga mengungkapkan, bahwa proses pemulihan jaringan di zona 1 berbeda dengan zona-zona lain. Kontur tanah di zona lain cenderung datar sehingga lebih mudah penanganannya. “Kalau zona 1 itu (kontur tanahnya) berbukit-bukit. Turun naik. Banyak punggungan. Ini agak menyulitkan. Prosesnya bisa 4-7 hari,” ungkapnya.

Masih menurut Nasrul, selama pemulihan, air tetap mengalir ke rumah pelanggan, namun belum benar-benar normal. Untuk itu, pihaknya mengimbau pelanggan untuk segera menampung air saat masuk ke rumah.

“Tidak benar-benar mati, air tetap sampai ke rumah dalam sehari. Tapi belum normal. Kadang mengecil, ada lagi, mati lagi, terus begitu hingga benar-benar pulih,” ujarnya.

Lebih lanjut Nasrul mengatakan, Perumda Tirta Pakuan akan berupaya maksimal mempercepat proses normalisasi. Tirta Pakuan juga akan mengoptimalkan Reservoir Rancamaya dan pompa Intan Pakuan untuk meminimalisir gangguan.

Perusahaan juga telah menyiagakan armada tangki yang siaga di titik-titik terdampak gangguan. Untuk itu, masyarakat bisa menghubungi Call Center 0251-8324111 atau akun media sosial Tirta Pakuan untuk pemesanan tangki gratis. (Humas Perumda Tirta Pakuan / PH)

Komentar