Peserta Touring Sepeda Mudik Lebaran dari Jakarta-Surabaya dengan Jarak Tempuh 940 Km

02/05/2018 22:17:36 Kategori: ,

INILAHONLINE.COM, SEMARANG - Puluhan peserta Touring sepeda mudik lebaran yang dimulai startnya dari Jakarta menuju Surabaya dengan menempuh jarak 940 km, kini sudah memasuki Kota Semarang. Peserta yang sebelumnya berhenti di Kendal ini, untuk melanjutkan perjalanan menuju Kota Solo, beristirahat di Lawang Sewu diterima oleh Walikota Semarang.

Rombongan gowes yang tergabung dalam Elits (Alumni Elektro Institut Teknologi Sepuluh November) sebelumnya bersepeda dari Jakarta menuju Surabaya. Mereka bersepeda bersama Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk mengkampanyekan Zero Accident Ride 2018 di setiap tempat yang disinggahinya.

Perwakilan Elits CC Agung Bowo Laksono menuturkan, peserta ini jumlahnya ada 50 peserta yang mengikuti gowes dari Jakarta menuju Surabaya. Para peserta ini berhenti di setiap etape di kota yang dikunjunginya.

''Semarang ini merupakan etape keempat, tetapi dalam perjalanan yang dilewati ternyata dari arah barat menuju ke timur sudah semakin baik jalannya," ujarnya di sela-sela istirahat di Komplek lawang Sewu Semarang, Rabu (2/5/2018).

Menurut dia, kegiatan yang bekerjasama dengan Kemenhub ini mengkampanyekan dan membawa pesan tentang pentingnya keselamatan di jalan. Pesan tersebut disampaikan dalam rangka mendekati masa mudik Lebaran 2018.

''Ada enam etape yakni etape satu Jakarta-Pamanukan, etape dua Pamanukan-Brebes, etape tiga Brebes-Kendal, etape empat Kendal-Solo, etape lima Solo-Nganjuk, etape enam Nganjuk-Surabaya,'' tuturnya.

Menurutnya, rombongan selama bersepeda melewati jalur pantura, meski tidak mengalami hambatan yang cukup berarti, ternyata masih ada ditemui jalan yang rusak. Bahkan peserta mengamati masih banyak ditemukan jalan bergelombang, dan berlubang yang membahayakan sepeda.

''Yang berlubang masih di Jawa Barat yakni Pamanukan ke arah Cirebon. Kalau di Jawa Tengah meski masih ada tetapi jalan yang dilalui masih lebih bagus, dibandingkan dari Jawa barat,''ujarnya.(Suparman)