oleh

Pilkades di Banjaranyar Brebes, Masyarakat Difasilitasi

INILAHONLINE.COM, BREBES

Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di salah satu desa di Kecamatan/Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, yaitu Desa Banjaranyar, telah berlangsung dengan meriah. Panitia Pilkades mendirikan tenda raksasa untuk TPS-nya beserta sound system layaknya warga yang sedang punya hajat.

Pengeras suara ini guna menghimbau warga masyarakat yang menjadi DPT (Dalam Pemilih Tetap) agar berpartisipasi menyalurkan suaranya. Pun dengan fasilitas bagi penyandang difabel, lansia dan pendampingnya, juga disediakan panitia agar memperlancar pencoblosan.

Selain itu pada hari H (16/6), panitia juga mengumumkan melalui pengeras suara di setiap masjid dan mushola tentang pengerahan dua unit kendaraan untuk mengangkut warga masyarakat. Armada ini juga memfasilitasi warga yang rumahnya jauh dari TPS, yaitu Dukuh Bangon.

“Meskipun hanya ada dua Calon Kades, kita juga menyediakan sampai 15 bilik suara karena DPT mencapai 6.307 orang, biar bisa segera selesai,” ungkap Ketua Panitia Pilkades Banjaranyar, Widodo, S.Pd, disela pemungutan suara, Minggu (16/6/2019).

Ditambahkannya, pihaknya juga sengaja menyediakan kursi tunggu agar warga langsung masuk dan segera mencoblos serta keluar dari TPS. Hingga akhir pencoblosan, hampir 65 persen warga DPT telah menyalurkan suaranya.

Sementara itu, Kanit PPA Polres Brebes, Puji Haryati, SH yang turut dalam pengamanan di TPS bersama anggota Polres Brebes, BKO dari Polres Tegal dan dari TNI Kodim 0713 Brebes bahwa, proses pemungutan suara berjalan tanpa kendala sama sekali karena warga hadir menyalurkan haknya dengan tertib.

“Kami juga menghimbau masyarakat pendukung kedua calon agar dapat menerima hasil perhitungan suara, sehingga persatuan dan kesatuan tetap terjaga walaupun beda pilihan,” ujarnya.

Untuk diketahui, Pilkades tahap I tahun 2019 di Kabupaten Brebes, dilaksanakan serentak di 148 desa di 17 kecamatan dengan diikuti oleh 530 Cakades.

(CJ/Dedy/Aan Brebes)

Komentar