oleh

PN Cibinong Tidak Pernah Lakukan Diskriminasi Terhadap Masyarakat

INILAHONLINE.COM, CIBINONG

Pengadilan Negeri (PN) Cibinong tidak pernah melakukan diskriminasi atau membeda-bedakan masyarakat mampu atau tidak mampu yang sedang berperkara dalam proses peradilan. Karena sebagaimana hukum yang adil dan demi azas peradilan serta berkeadilan bagi semua masyarakat Kabupaten Bogor.

Hal itu disampaikan Hubungan Masyarakat (Humas) PN Cibinong Kelas IA, Ben Ronald Situmorang usai Sidang Istimewa Laporan Tahunan berkaitan dengan penyerapan anggaran pelayanan bagi masyarakat tidak mampu atau Prodeo tahun 2019, Rabu (29/1/2020).

Menurutnya, pihaknya mengklaim jika capaian kinerjanya melebihi dari target harapan. Adapun untuk target capaian itu sendiri berbeda disetiap bagiannya, seperti pidana maupun prodeo, karena di tahun 2019 sendiri sebagaimana telah disampaikan oleh ketua PN Kelas IA Cibinong dalam sidang istimewa tersebut.

“Bahkan jajaran PN Cibinong mendapat apresiasi dari Bupati Bogor, karena dianggap cukup baik dalam menyelesaikan sidang prodeo,” ujarnya.
Masih kata Ronald, pencapaian kinerja jajarannya ada yang 100 persen, bahkan ada yang lebih dari target hingga 200 persen.

Dengan capain target kinerja yang melebihi target tersebut, bukan berarti pihaknya tidak mempedulikan masyarakat tidak mampu.

“Kami tetap melakukan pelayanan terhadap masyarakat tidak mampu yang berperkara di PN Cibinong dengan tidak membedakan mana yang mampu mana yang tidak mampu, yakni dilayani melalui Pos Bantuan Hukum (Posbakum) di kita,” jelasnya

Lebih lanjut Ronald mengatakan, bahwa keberadaan Posbakum selama ini diperuntukkan untuk melayani masyarakat yang tidak dalam menghadapi kasus hukum apapun.

Sementara itu Bupati Bogor, Ade Yasin yang menghadiri sidang istimewa tersebut mengapresiasi dengan digelarnya sidang istimewa pertama pemaparan capaian kinerja di PN Cibinong Kelas IA Kabupaten Bogor. Baginya, dari apresiasi yang diberikan dirinya terhadap lembaga tersebut, diharapkan ada index kepuasan yang paling tinggi

“Secara umum kegiatan ini suatu kebiasaan yang perlu digelar setiap tahunnya, sehingga masyarakat bisa mengetahui dan mengakses capaian kinerja lembaga PN Cibinong tersebut,” tuturnya.

Menurut Ade Yasin yang juga lulusan Magister Ilmu Hukum itu, dalam penyampaian laporan kinerja PN Cibinong kelas IA itu sendiri ada beberapa yang melebihi dari target. Dari capaian capaian saat pemaparannya cukup tinggi, banyak yang melebihi target. Untuk itu, moment ini membuat masyarakat jadi tahu, bahwa di PN Cibinong budaya kerjanya sudah cukup tinggi.

“Karena jika masyarakat merasa puas dengan pelayanan hukum di Kabupaten Bogor, tentu saya anggap bagus dan tetap dipertahankan untuk tahun 2020 sekarang ini bila perlu lebih ditingkatkan lagi kinerjanya,” imbuhnya.

(Kristian Budi Lukito)

Komentar