Polda Jateng akan Tindak Tegas Mobil Bak Terbuka untuk Mengangkut Orang

Daerah675 Dilihat

InilahOnline.com (Semarang-Jateng) Kepolisian Daerah Jawa Tengah (Jateng) melarang penggunaan mobil bak terbuka atau pickup sebagai angkutan orang selama musim libur tahun 2017.

”Polda Jateng akan menindak dengan tegas para pengemudi kendaraan yang menggunakan mobil bak terbuka,”tegas Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono pada Rapat Koordinasi Lintas Sektoral di Hotel Patra Jasa, Kota Semarang, Selasa (19/12/2017) kemarin.

Menurut Condro, pihaknya akan menindak tegas para pengemudi kendaraan yang menggunakan bak terbuka untuk mengangkut penumpang.

Pasalnya, hal tersebut akan mengakibatkan jatuhnya banyak korban jika terjadi kecelakaan di jalan raya.

”Penggunaan mobil bak terbuka untuk mengangkut masyarakat akan dilakukan penindakan. Misalkan kalau sekali kejadian (kecelakaan), bisa menyebabkan jatuhnya banyak korbannya,”ujarnya.

Kapolda menjelaskan, larangan tersebut diberlakukan lantaran saat musim libur akhir tahun, volume kendaraan pasti meningkat. Kondisi itu tentu menyebabkan lonjakan arus lalu lintas di jalan, terutama akses ke tempat-tempat wisata.

”Tetapi adanya kendaran bak terbuka yang mengangkut penumpang akan mengakibatkan risiko kecelakaan di jalan semakin tinggi,”katanya.

Ia menambahkan, selama ini kecelakaan yang melibatkan kendaraan bak terbuka korbannya jauh lebih banyak, bisa sampai 30 orang. Hal Itulah yang perlu kita antisipasi. Jangan sampai pihak aparat membiarkan begitu saja.

”Oleh karena itu, aparat menekankan adanya upaya penyadaran yang harus diberikan kepada masyarakat,”ujarnya.

Meksi demikia, pihaknya akan memerintahkan seluruh Bhabinkamtibmas yang ada di bawah wilayah hukum Polda Jateng untuk berperan aktif dalam hal ini.

”Bhabinkamtibmas diperankan untuk memberikan pengertian kepada masyarakat, agar tidak menggunakan pickup atau kendaraan terbuka untuk mengangkut penumpang. Kita tidak boleh abai dengan aturan ini, sehingga harus disosialisasikan sejak jauh-jauh hari,”pintanya.(Suparman)

banner 521x10

Komentar