oleh

Polda Jateng Siap Luncurkan Smart Sim Baru Serba Guna

INILAHONLINE.COM, SEMARANG

Kepolisian daerah Jawa Tengah (Polda Jateng) melalui Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas), akan meluncurkan Smart Surat Ijin Mengemudi (SIM) baru, yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran atau e-money dan terkoneksi dengan Briva untuk pembayaran tilang.

Kasubdit Reg Ident Ditlantas Polda Jateng AKBP Arie Syafa’at mengatakan, Smart SIM rencana akan diluncurkan pada 22 September 2019 bertepatan dengan peringatan Hari Lalu-Lintas, bahkan material Smart SIM kini telah siap dibagikan kepada Satpas di seluruh jajaran Polres.

”Meski terdapat perbedaan yang signifikan di dalam Smart SIM baru, di antaranya penggunaan chip yang berguna untuk data forensik Kepolisian bagi pemegang SIM ini ke depan,”paparnya.

Smart SIM ini, menurutnya, juga bisa mengetahui tentang data perilaku berlalu-lintas pemegang, sehingga kalau pernah melanggar rekam jejak digital pelanggaran akan tercatat di data base dari chif yang ada.

”Intinya dalam pemegang Sart SIM baru ini, jika melanggar lalu lintas jelas bisa terekam semua,”ujarnya.

Mantan Kasubdit 1 Indagsi Ditkrimsus Polda Jateng ini, Smart SIM ini juga bisa digunakan sebagai alat pembayaran atau e-money dan terkoneksi dengan Briva untuk pembayaran tilang.

“Yang penting masyarskat harus tahu bahwa dengan pergantian Smart SIM baru ini, tidak dikenakan kenaikan biaya pembuatan maupun perpanjangan SIM, biayanya sesuai dengan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang lama,” ujarnya, Kamis (12/9).

Bagi masyarakat, lanjut Arie Syafa’at, yang selama ini masih menggunakan blangko SIM sementara, saat pembuatan baru maupun perpanjangan sebelum 22 September 2019 akan diberikan Smart SIM baru secara bertahap.

“Polda Jateng, sementara sudah menyediakan sebanyak 200.000 material Smart SIM baru, yang akan dibagikan kepada Satpas se-Jawa Tengah,” tuturnya.

Berasarkan data Polda Jateng menyebutkan hingga Agustus 2019, ada sekitar 183.600 masyarakat di Jawa Tengah melakukan pembuatan maupun perpanjangan SIM dan tercatat SIM C, masih mendominasi pembuatan maupun perpanjangan SIM di setiap Satpas.

”Diharapkan bagi pembuatan Smart SIM bRU, untuk para pemula yaitu yang sudah berumur 17 tahun keatas,”paparnya.

(Suparman)

Komentar