oleh

Polda Jatim Tetapkan Veronica Koman Dalam DPO

INILAHONLINE.COM, SURABAYA

Polda Jawa Timur akan menetapkan Veronica Koman masuk dalam daftar pencarian orang (DPO). Sebab, Veronica kini diketahui tengah berada di Australia.

Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Pol Frans Barung Mangera mengatakan hal itu dikarenakan Veronica Koman tidak memenuhi panggilan pemeriksaan oleh penyidik Polda Jawa Timur hingga batas akhir panggilan pukul 18.00 WIB kemarin (18/9). Status DPO Veronica Koman akan dipastikan pekan depan.

“Kemungkinan Senin atau Selasa diterbitkan karena sudah habis deadline,” kata Kombes Barung, Kamis (19/9/2019).

Kombes Barung mengatakan perintah penetapan DPO Veronica Koman berdasarkan intruksi Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan. Pasalnya Veronica Koman sama sekali tidak pernah mengindahkan panggilan polisi.

“Tidak (pernah memenuhi panggilan). Nanti Kapolda Jatim akan umumkan,” ujar Kombes Barung.

Seperti diketahui Kapolda Jatim mengumumkan penetapan tersangka pada Veronica Koman pada Rabu (4/9). Veronica Koman ditetapkan sebagai tersangka karena menyebarkan berita hoaks dan provokatif terkait pengamanan mahasiswa Papua di Surabaya.

Veronica Koman diduga melakukan pelanggaran pada Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik, Kitab Undang-undang Hukum Pidana terkait pasal penghasutan, dan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis.

(Soleh Widarto)

Komentar