oleh

PPKM Darurat, Kompetisi Liga 1 Ditunda

INILAHONLINE.COM, JAKARTA — Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali meminta kepada masyarakat pecinta sepak bola atau suporter di tanah air untuk bersabar setelah Liga 1 dan Liga 2 yang kembali ditunda pelaksanaanya.

Sejatinya, Liga 1 dan Liga 2 bergulir awal Juli ini, namun harus ditunda karena pemerintah akan memberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Pulau Jawa dan Bali pada tanggal 3 hingga 20 Juli mendatang. PPKM diterapkan pemerintah karena melonjaknya angka penyebaran wabah covid-19.

“Kepada klub, masyarakat umum yang tadinya sudah siap-siap mau menonton mohon bersabar, tolong dimaklumi. Jadi keputusan ini (penundaan) dalam rangka pemerintah menjaga keselamatan dan kesehatan masyarakat. Itu yang utama,” kata Menpora Amali seperti dilansir laman kemenpora.go.id di Jakarta, Kamis (1/7/2021) sore.

Menurut Menpora Amali, situasi saat ini berbeda dengan waktu pramusim Piala Menpora digelar beberapa waktu lalu. Sebab, saat ini kasus covid-19 melonjak sangat tinggi bahkan berkali lipat.

Dengan demikian, Dia meminta kepada masyarakat Indonesia agar tetap patuh menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin. Bila kasus pandemi Covid-19 menurun, ia meyakini kompetisi sepakbola Liga 1 dan Liga 2 akan kembali diselenggarakan.

Sementara, sebagian besar klub-klub sepakbola yang tengah bersiap menuju kompetisi Liga 1 tahun 2021/2022 telah berada di Pulau Jawa. Menpora Amali meminta, klub-klub agar bisa menyesuaikan dan secepatnya berkoordinasi dengan federasi (PSSI) dan juga pengelola liga (LIB), terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Pulau Jawa dan Bali pada tanggal 3 hingga 20 Juli 2021, karena meningkatnya kasus Covid-19.

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menunda helatan Liga 1 dan Liga 2.(foto:dok/kemenpora.go.id)

“Untuk klub-klub sepakbola yang sebagian besar di Pulau Jawa agar menyesuaikan dengan PSSI dan PT LIB jangan mengambil keputusan sendiri,” kata Menpora Amali.

Sebelumnya, PSSI melalui Sekretaris Jenderal Yunus Nusi, merilis informasi bahwa Liga 1 ditunda paling cepat hingga akhir Juli. Rencananya Liga 1 2021/2022 dijadwalkan berlangsung pada 9 Juli mendatang diikuti Liga 2 pada dua pekan berikutnya.

Karena sedang berada di zona yang saat ini sedang menjadi perhatian serius, maka menjaga kedisiplinan prokes menjadi hal utama dan segera komunikasi dengan federasi harus dilakukan.

“Pemerintah tidak bisa menyuruh untuk bertahan atau meninggalkan tempat saat ini karena yang mengatur adalah ranahnya PSSI dan PT LIB,” tegas Menpora Amali. (**/red)

Komentar