oleh

PPSDM Cepu Berikan Pelatihan Gratis Bagi Putra-Putri Se-Indonesia

-Berita-160 Dilihat
Pelatihan Program Bantuan Masyarakat dari Kementerian Energi Sumber Daya Mineral dibuka secara resmi oleh Koordinator Pelaksanaan Pengembangan SDM, FX Yudi Tryono mewakili kepala PPSDM Migas dan dihadiri Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, di Cepu, Senin (7/2/2022)

INILAHONLINE.COM, CEPU – Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM Migas) Cepu memberikan pelatihan gratis bagi putra putri bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke dengan kegiatan Operator Scaffolding, Operator Pesawat Angkat Unit Kran Mobil, Petugas Penanganan Bahaya Gas H2S dan Teknik Listrik Migas Level Teknisi Sistem Utilitas.

Pelatihan Program Bantuan Masyarakat dari Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (Kemen ESDM) ini berlangsung selama 3 minggu dimulai tanggal 7 Februari hingga 2 Maret 2022, dibuka secara resmi oleh Koordinator Pelaksanaan Pengembangan SDM, FX Yudi Tryono mewakili kepala PPSDM Migas di Cepu, Senin (7/2/2022)

“Setelah mengikuti pelatihan peserta juga akan diuji kompetensinya melalui sertifikasi sesuai bidangnya. Jika lulus uji teori, wawancara dan uji praktik peserta akan mendapatkan sertifikat kompetensi personil”,  jelas Yudi.

Menurutnya, selain itu pelatihan gelombang kedua ini dan diikuti sebanyak 100 orang peserta adalah program bantuan Kementerian ESDM. Hal ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sumber daya manusia khususnya di sub sektor migas bagi putra putri daerah dari 21 Kabupaten di Indonesia.

Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati menyematkan tanda peserta sebagai tanda dimulainya pelatihan Pelatihan Program Bantuan Masyarakat dari Kementerian Energi Sumber Daya Mineral yang diselenggarakan oleh PPSDM Cepu, Jawa Tengah

“Pelatihan dan sertifikasi ini dapat memberikan kebermanfaatan yang optimal sebagai awal anak2 putra putri kita menjadi tenaga-tenaga kerja yang handal dan kompeten dibidangnya, demi masa depan dan kelangsungan pembangunan di negara kita tercinta ini,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama dalam kegiatan pelatihan ini Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati menyematkan tanda peserta sebagai tanda dimulainya pelatihan tersebut. “Manfaatkan waktu dengan baik, jaga kesehatan, timba ilmu dari para instruktur. Anak-anakku semuanya, kesempatan ini tidak akan terulang kedua kalinya. Saya ingin saudara-saudara berkualitas, unggul dan berdaya saing,” harap Tri Yuli kepada para peserta pelatihan.

Sementara itu Pemimpin Pelatihan Sigit Winantyo melaporkan, bahwa peserta pelatihan berasal dari Kabupaten Blora, Tuban, Bojonegoro, Gresik, Cilacap, Indramayu, Natuna, Sorong, Seram Bagian Barat, Seram Bagian Timur, Bengkalis, Kampar, Lhoksumawe, Jabung Tanjung Barat, Rokan Hilir, Prabumulih, Tarakan, Tabalong, Kepulauan Aru, Teluk Bintuni dan Kota Balikpapan..

“Untuk pelatihan Scaffolding peserta akan diberikan materi tentang teori praktis K3 Scaffolding, dasar – dasar scaffolding dan bongkar pasang scaffolding untuk meningkatkan kompetensi scaffolding tingkat operator,” jelasnya.

Para peserta Pelatihan Program Bantuan Masyarakat dari Kementerian Energi Sumber Daya Mineral yang berasala dari berbagai daerah se Indonesia

Sigit juga mengatakan, sedangkan Operator Pesawat Angkat (OPA) Unit Crane Mobile peserta diberikan bekal teori praktis dasar-dasar operasi pesawat angkat unit crane mobile pada operasi pesawat angkat dilingkungan kegiatan industri/lapangan migas dalam rangka memenuhi kompetensi kerja sebagai Operator Pesawat Angkat (OPA) Unit Crane Mobile.

“Untuk Teknik Listrik Migas Level Teknisi Sistem Utilitas peserta akan dibekali Keselamatan dan Kesehatan Kerja Listrik, Terampil dalam melakukan pengukuran-pengukuran Listrik, Memahami Proteksi Instalasi Listrik Penerangan dan Tenaga, Terampil dalam melakukan pekerjaan instalasi listrik penerangan baik di Industri Migas, maupun instalasi listrik pada umumnya dan Terampil dalam melakukan pekerjaan instalasi listrik Tenaga (motor listrik) di Industri Migas, maupun instalasi motor pada umumnya’’, papar Sigit

Lebih lanjut Sigir mengatakan, Sementara itu untuk Petugas Penanganan Bahaya Gas H2S, peserta akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan tentang bahaya-bahaya akibat paparan H2S, cara-cara penyelamatan diri, dan memberikan pertolongan terhadap korban akibat keracunan gas H2S di lingkungan migas. (Wien Eko)

banner 521x10

Komentar