oleh

Presiden Jokowi Tinjau Lokasi Terdampak Bencana Banjir di Kabupaten Banjar

INILAHONLINE.COM, BANJAR-KALSEL

Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Selatan sekaligus meninjau lokasi terdampak bencana banjir di Kelurahan Pekauman, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar, Senin (18/1/2021).

Menurut siaran pers yang diterbitkan Bio Pers Sekretariat Presiden, Kepala Negara menyaksikan langsung kondisi lokasi yang hingga kini masih terjebak banjir. Kepala Negara tampak memberikan instruksi kepada jajaran terkait yang di antaranya ialah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Doni Monardo dari atas Jembatan Pekauman.

Kunjungan Presiden Jokowi ke lokasi banjir Kalsel untuk memastikan bangunan yang terkena dampak bisa ditindaklanjuti kementerian terkait. Selain itu, Jokowi ingin memastikan bantuan kemanusiaan bagi korban banjir Kalsel tersalurkan.

“Saya hanya ingin memastikan ke lapangan. Yang pertama, mengenai kerusakan infrastruktur yang memang terjadi. Ada beberapa jembatan yang runtuh, seperti yang kita lihat di belakang ini. Ini juga salah satu jembatan yang runtuh akibat banjir,” kata Presiden Jokowi di Kelurahan Pekauman, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Senin (18/1/2021).

Presiden Jokowi juga meminta Menteri PUPR untuk segera membenahi infrastruktur sehingga seluruh bantuan kemanusiaan yang dibutuhkan bisa sampai di lokasi bencana.

“Dan tadi saya sudah minta ke Menteri PU (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) agar dalam 3-4 hari ini bisa diselesaikan, sehingga mobilitas distribusi barang tidak terganggu,” tutur Presiden Jokowi.

Selain itu, Presiden Jokowi juga menyinggung evakuasi dan penanganan logistik untuk pengungsi. Apakah keperluan warga terdampak yang kini berada di lokasi pengungsian telah terpenuhi.

“Ini yang penting. Dan karena hampir 20 ribu masyarakat berada di dalam pengungsian. Kekurangan-kekurangan yang ada bisa dibantu dari Pemerintah Pusat selain juga dari logistik yang ada di pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota,” jelas Presiden Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan duka cita atas korban yang meninggal dalam musibah banjir.

“Saya ingin menyampaikan duka cita yang mendalam atas korban yang meninggal di musibah banjir di Kalimantan Selatan ini, semoga keluarga yang ditinggalkan mendapatkan kesabaran dan keikhlasan,” kata Presiden Jokowi yang didampingi Menteri PUPR, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, dan Bupati Banjar Khalilurrahman.

Di sela peninjauan, Presiden turut menyerahkan sejumlah bantuan sembako, makanan siap saji, dan masker ke beberapa warga di lokasi terdampak.

Komentar