oleh

Presiden RI Joko Widodo Apresiasi Pembangunan Kampus UNU

INILAHONLINE.COM, YOGYA — Presiden RI Joko Widodo mengapresiasi embangunan kampus terpadu Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta. Kampus baru UNU yang akan dibangun di Jalan Siliwangi (Ringroad Barat) Dusun Dowangan, Desa Banyuraden, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta tersebut, menelan anggaran sebesar Rp 193 Miliar.

“Desain kampus UNU Yogya, sangat modern dan ramah lingkungan. Semoga UNU Yogya ke depan memberikan kontribusi penting untuk bangsa Indonesia,” tegas Presiden Joko Widodo saat meninjau langsung lokasi kampus UNU Yogyakarta di Jl Siliwangi (Ringroad Barat) Dusun Dowangan Desa Banyuraden Kecamatan. Gamping, Sleman, Yogyakarta, Jumat (10/9-2021) kemarin.

Dalam kunjungan ke Yogyakarta, Presiden Jowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mochamad Basoeki Hadimoeljono dan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. Saat tiba di lokasi, Presiden Joko Widodo disambut Rais Syuriah PWNU DIY KH Mas’ud Masduqi, Rektor UNU Yogyakarta Prof Purwo Santoso, Wakil Ketua PWNU DIY H Fahmy Akbar Idries beserta jajaran pengurus PWNU DIY.

Senada dikatakan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, juga memberikan apresiasi positif atas kehadiran UNU di Yogyakarta. “Kami apresiasi Kampus UNU Yogya ini yang memberikan ruang kepada warga Yogya untuk ikut berbisnis di sekitar Kampus UNU Yogya. Apalagi juga disiapkan tempat khusus untuk para UMKM ikut berjualan di UNU nanti,” tegas Gubernur DIY.

Wakil Ketua PWNU DIY KH Fahmy Akbar Idries menyampaikan rasa gembira dan bahagia atas kunjungan Presiden Joko Widodo, Menteri PUPR dan Gubernur DIY. “Kami sangat bahagia atas kunjungan Presiden Joko Widodo. Insya Allah, bulan Oktober 2021 akan dimulai pembangunan Kampus UNU Yogya. Mohon doanya kepada semuanya agar proses pembangunan nanti bisa berjalan dengan baik dan lancar,” tegas Fahmy.

Direktur Prasarana Strategis Dirjen Cipta Karya Kementetian PUPR Iwan Suprianto menjelaskan, Kementerian PUPR mendapatkan amanah dari Presiden Joko Widodo untuk melakukan pembangunan terhadap Kampus UNU Yogya ini.

“Sebagaimana amanat Presiden Jokowi, kami ditugaskan untuk membangun gedung Kampus UNU Yogya ini. Akan dibangun gedung Kampus dan gedung UMKM dengan 9 lantai. Dimulai Oktober 2021 sampai Februari 2023, tapi kami upayakan bisa selesai di akhir 2022. Anggarannya sebesar Rp 193 miliar. Kita desain sebagai sebagai desain modern dan gedung hijau yang ramah lingkungan,” tegas Iwan Suprianto.

Rektor UNU Yogya Prof Purwo Santoso menegaskan, UNU harus berusaha semaksimal mungkin untuk ikut mencerdaskan kehidupan bangsa melalui jalur pendidikan tinggi. Ini wujud dari langkah konkrit NU untuk memberikan konstribusi besar bagi peradaban masa depan.

“Dukungan jemaah untuk bisa menyelenggarakan pendidikan tinggi berbasis kekuataan jemaah di simpul itulah yang kita rancang. Kampus kita ada di mana-mana, sehingga dengan teknologi tinggi yang disiapkan dapat menguatkan khidmat lebih baik ke depan. Doa restu dari semuanya sangat kami dambakan,” tegas Prof Purwo.

UNU Yogya resmi dilaunching oleh Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siraj pada 10 Maret 2017. Saat peresmian itu juga dihadiri Menristek Dikti Prof Muhammad Natsir. UNU Yogya saat ini memiliki 5 Fakultas dan 11 Program Studi. Fakultas Ilmu Pendidikan dengan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ekonomi dengan Prodi Akuntansi dan Prodi Manajemen, Fakultas Dirasah Islamiyah dengan Prodi Studi Islam Interdisipliner, Fakultas Teknologi Informasi dengan Prodi Teknik Elektro, Prodi Informatika dan Prodi Teknik Komputer, dan Fakultas Industri Halal dengan Prodi Agribisnis, Prodi Farmasi dan Prodi Teknologi Hasil Pertanian. Semuanya dalam jenjang strata 1 (S1). (ali subchi)

Komentar