oleh

Prihatin dengan Ledakan Kilang Balongan, DPR Desak Evaluasi Segera Dilakukan

INILAHONLINE.COM, JAKARTA

Anggota DPR RI Komisi VII Nurhasan Zaidi mengutarakan keprihatinannya atas peristiwa ledakan kilang minyak di Balongan, Indramayu, Jawa Barat, yang terjadi pada Senin (29/3/2021) pukul 00:45 dini hari. Menurutnya, dalam industri perminyakan dan gas, harusnya semua sudah dipastikan zero accident, standar operasionalnya harus ketat dan dan tidak bisa ditawar untuk semua pihak.

Berdasarkan sejumlah pemberitaan, diketahui bahwa setidaknya 4 orang warga yang melintas menjadi korban mengalami luka bakar dan dievakuasi ke RSUD setempat. Sejumlah warga yang tinggal disekitar kilang juga dilaporkan telah direlokasi ke Pendopo Kabupaten Indramayu, dan sebagian ke Islamic Centre Indramayu.

“Kita kaget dan prihatin dengan kejadian kebakaran ini. Jadi, kita akan evaluasi, ini masalah serius, kita akan panggil Direktur Pertamina dan bila perlu kita dorong pembentukan panja khusus investigasi, agar musibah sejenis tidak terjadi,” tegasnya seperti dilansir Parlementaria, Senin (29/3/2021).

Anggota DPR RI Komisi VII Nurhasan Zaidi. Foto: PKS

Politisi Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) ini juga mendesak Pertamina dan pemerintah mengambil langkah-langkah yang cepat untuk mengatasi dampak dari peristiwa tersebut terutama penanganan korban yang mayoritas warga sekeling kilang serta pemulihan kondisi termasuk antisipasi menjalarnya kebakaran.

“Kita semua tau bahwa balongan adalah kilang yang sangat vital bagi industri minya mentah Indonesia, kejadian ini jadi refleksi dari sistem pengelolaan industri minyak kita, sekarang saat yang tepat untuk berbenah” pungkas legislator dapil Jawa Barat IX itu.(red)

Komentar