oleh

Profesi Wartawan Rentan Terinfeksi Covid-19, PWI Kota Bandung Disemprot Disinfektan

INILAHONLINE.COM, BANDUNG

Penyebaran virus Corona Virus Disease (Covid)-19 semakin merajalela hampir diseluruh belahan dunia termasuk di indonesia telah memakan banyak korban yang meninggal dan bahkan sejumlah kepala daerah di wilayah Jawa Barat (Jabar) sudah ada yang positif terinfeksi Covid-19 ini.

Untuk mengantisipasi semakin mewabahnya Covid-19 ini, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bandung bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) melakukan penyemprotan disinfektan di Kantor PWI Kota Bandung jalan A Yani 262 Bandung, Selasa (24/3/2020).

Penyemptotan dilakukan mulai dari Ruangan Ketua PWI, kemudian ke Ruang Pengurus dan dilanjukan ke ruangan Rapat, Ruang Sholat, Ruang Dapur dan terakhir penyemprotan dilanjutkan di ruangan Toilet, Kamar mandi dan WC.

“Profesi wartawan itu sangat rentan trerkena Covid-19, karena sering melakukan tugas jurnalistik atau liputan di lapangan dan wartawan berpotensi bertemu dengan narasumber yang terpapar virus,” tutur Andhy sapaan akrabnya.

Menurutnya, penyemprotan disinfektan di sekretariat PWI Kota Bandung ini merupakan upaya pencegahan penyebaran covid-19.a, karena kantor sekretariat merupakan tempat anggota dan pengurus PWI berkumpul sehingga perlu dilakukan sterilisasi sebagai langkah antisipasi adanya mirkoba dan virus berbahaya.

“Saya menghimbsau kepada rekan-rekan anggota PWI, khususnya yg ada di Kota Bandung, agar memgikutibdan melaksanakan protokol liputan dan protokol kesehatan yakni selalu menggunakan alat pelindung diri saat bertugas.”, ujar Andhy yang juga Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Jabar tersebut.

Selain itu, Andhy juga menghimbau kepads para anggotanya ketika melakukan tugas liputan diminta berhati-hati membuat pemberitaan Covid-19 sesuai dengan Surat Edaran PWI Jawa Barat Nomor 2.150/PWI/III/2020.

“Jangan membuat berita yang bisa menimbulkan kepanikan dan selalu patuhi etika jurnalistik,” ujar Andhy

Sementara itu, Sekretaris PWI Kota Bandung, Ferry Ardiansyah, penyemprotan ini bertujuan untuk mengantisifasi penyebaran Virus Covid 19 di Sekretariat PWI Kota Bandung.

“Saya atas nama pengurus PWI Kota Bandung mengucapkan terima kasih kepada PMI Kota Bandung atas bantuan dan keperduliannya”, ujarnya.
Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua PWI Kota Bandung, Asep Budianto, “penyemprotan ini sebagai antisipasi penyebaran Virus corona di kantor PWI di mana teman teman wartawan selalu berkumpul di sini”, terang Budi.

“Terima kasih PMI Kota Bandung atas bantuan dan kerjasamanya ”, pungkas Asep.

(Hilda)

Komentar